Pengukuran Kinerja Manajemen Perusahaan dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT.Campina IceCream Industry Surabaya)

Maharani, Cicilia and Drs. Nengah Sudjana, M.Si and Dra. Sri Mangesti R (2006) Pengukuran Kinerja Manajemen Perusahaan dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT.Campina IceCream Industry Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dunia bisnis dalam memasuki suatu era persaingan total, tidak terlepas dari kegiatan bisnis yang semakin kompleks dan berubah-ubah.Perusahaan dituntut untuk mampu lebih meningkatkan efisiensi dan merumuskan strategi bersaing yang tepat serta mampu menjawab semua tantangan yang dihadapi, sehingga diperlukan suatu perencanaan yang matang dalam meningkatkan strategi-strategi bisnis yang lebih tepat untuk memenangkan persaingan. Untuk mengetahui seberapa jauh penerapan strategi tersebut, manajemen perusahaan perlu mengukur kinerja bisnis mereka. Pengukuran kinerja merupakan hal keberhasilan perusahaan di masa yang akan datang. yang penting bagi perusahaan karena merupakan suatu alat untuk menilai Balanced Scorecard sebagai strategi yang definitif dapat menjadi altematif strategi bagi perusahaan dalam memenangkan pasar di era persaingan ini. Balanced Scorecard menerjemahkan misi dan strategi ke dalam berbagai tujuan dan ukuran, yang diorganisir ke dalam 4 perspektif yaitu: Keuangan (financial), Pelanggan (customer), Proses Bisnis Internal (internal-business-process),Belajar dan Tumbuh. Penelitian dilakukan di PT. Campina Ice Cream Industry Surabaya dengan menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus, sehingga hasilnya adalah penggambaran dalam bentuk interpretasi tentang pengukuran dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan baik, meskipun ada beberapa perspektif yang berfluktuatif dan mengalami kecenderungan menurun dalam kurun waktu 3 tahun. Hal-hal yang perlu diperbaiki adalah GPM yang cenderung menurun, ROE, Inventory Turnover dan Total Asset Turnover yang fluktuatif, meningkatkan kepuasan pekerja, serta menurunkan Retensi Pegawai dengan mengurangi jumlah LTO.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:56
Last Modified: 19 Aug 2024 03:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228345
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
CICILIA MAHARANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Actions (login required)

View Item View Item