Pengaruh Media Pembelajaran Ide Replit Menggunakan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Informatika Sman 3 Malang

Herawati, Serra Nadya Indi and Ir. Admaja Dwi Herlambang, , S.Pd., M.Pd and Ir. Satrio Hadi Wijoyo,, S.Si., S.Pd., M.Kom (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Ide Replit Menggunakan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Informatika Sman 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembelajaran yang efektif memerlukan metode, media dan model pembelajaran yang sesuai untuk mencapai hasil belajar yang optimal di ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif motivasi. Model pembelajaran problem based learning yang melibatkan peserta didik dalam pemecahan masalah nyata dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran IDE Replit terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Weak Experiment Static Group Pretest Posttest untuk memperoleh hasil belajar kognitif dan Weak Experiment Static Group Comparison untuk memperoleh hasil belajar psikomotorik dan motivasi belajar. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling dan terdapat dua kelas untuk membandingkan hasil belajar kelas XI di SMA Negeri 3 Malang. Penelitian menggunakan analisis uji asumsi yaitu normalitas dan homogenitas untuk menentukan uji hipotesis. Pada aspek kognitif, psikomotorik, dan motivasi tidak memenuhi uji asumsi sehingga menggunakan uji nonparametrik Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam hasil posttest kognitif antara kelas eksperimen dan kontrol, dengan rata-rata nilai 92,80 untuk kelas eksperimen dan 80,20 untuk kelas kontrol (Sig. 0,000). Selain itu, keterampilan psikomotorik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (Sig. 0,000). Motivasi belajar pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol (Sig. 0,009). Kesimpulannya bahwa penerapan media pembelajaran interaktif Replit dengan model Problem Based Learning memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik, serta meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Media ini efektif dalam memfasilitasi kolaborasi dan interaksi aktif dalam pembelajaran Informatika

English Abstract

Effective learning requires appropriate learning methods, media and models appropriate learning methods, media and models to achieve optimal learning outcomes in the realms of cognitive, psychomotor and affective motivation. cognitive, psychomotor, and affective domains of motivation. Problem-based learning model that involves learners in solving real problems can improve critical thinking skills and collaboration. critical thinking skills and collaboration. The purpose of the research was conducted to determine the effect of IDE Replit learning media on learning outcomes and students' learning motivation. This research approach is quantitative with the Weak Experiment Static Group Pretest Posttest method to obtain cognitive learning outcomes and Weak Experiment Static Group Pretest Posttest method to obtain cognitive learning outcomes. cognitive learning outcomes and Weak Experiment Static Group Comparison to obtain psychomotor learning outcomes and learning motivation. The research sample used purposive sampling and there are two classes to compare the learning outcomes of class XI at SMA Negeri 3 Malang. 3 Malang. The study used assumption test analysis, namely normality and homogeneity to determine hypothesis testing. In cognitive, psychomotor, and motivation did not fulfill the assumption test so it used the Mann Whitney U nonparametric test. The results showed that there was a significant difference in cognitive posttest results between the experimental and control classes, with an average score of 92. experimental and control classes, with an average score of 92.80 for the experimental class and 80.20 for the control class (Sig. 80.20 for the control class (Sig. 0.000). In addition, the psychomotor skills of experimental class were higher than the control class (Sig. 0.000). Learning motivation in the experimental class showed a significant increase compared to the control class (Sig. 0.009). The conclusion is that the application of interactive learning media with the Problem Based Learning model has a positive effect on cognitive and psychomotor learning outcomes. cognitive and psychomotor learning outcomes, as well as increasing students' learning motivation. learners. This media is effective in facilitating collaboration and active interaction in in learning Informatics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: problem based learning, media pembelajaran interaktif, replit, hasil belajar, motivasi belajar-problem based learning, media pembelajaran interaktif, replit, hasil belajar, motivasi belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 07 Nov 2024 04:13
Last Modified: 07 Nov 2024 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228330
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Serra Nadya Indi Herawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item