Implementasi Kebijakan Restrukturisasi Organisasi Pt. Pln (Persero) Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik {Studi Pada Pelaksanaan Restrukturisasi Organisasi Di Pt. Pln (Persero) Area Pelayanan Dan Jaringan Malang}

Nugroho, Dani Yudo and Drs. Minto Hadi, M.Si and Drs. Dvvi Sulistivo, MPA (2006) Implementasi Kebijakan Restrukturisasi Organisasi Pt. Pln (Persero) Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik {Studi Pada Pelaksanaan Restrukturisasi Organisasi Di Pt. Pln (Persero) Area Pelayanan Dan Jaringan Malang}. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerintah Indonesia saat ini senantiasa mengupayakan peningkatan pelaksanaan pembangunan nasional, dimana pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah tersebut pada hakekatnya adalah pembangunan seluruh masyarakat Indonesia dengan tujuan mewujudkan suatu tatanan kehidupan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Untuk mewujudkannya pemerintah telah merumuskan berbagai arah kebijakan pembangunan di bidang ekonomi guna mewujudkan cita-cita tersebut. Salah satunya adalah menata Badan Usaha Milik Negara (BUMN) secara efisien, transparan dan professional. BUMN ikut berperan penting dalam menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan dalam rangka mewujudkan sebesar-besamya kemakmuran masyarakat. Meskipun peranan BUMN mempunyai dimensi yang strategis daiam perekonomian, ternyata keberadaan BUMN tidak lepas dari permasalahan, misalnya sebagian oesar BUMN menderita kerugian karena dikelola secara tidak efisien, produktivitas yang rendah, sehingga BUMN tidak memiliki kemampuan untuk berkompetisi pada persaingan bisnis dalam pasar domestik maupun global. Untuk mem'oenahi kondisi BUMN,sehingga memungkinkan untuk bertahan dan tetap eksis dalam menghadapi persaingan bisnis di era globalisasi ini diperlukan suatu strategi khusus,salah satunya adalah melalui Restrukturisasi BUMN. Salah satu BUMN yang melaksanakan program restrukturisasi adalali PT. PLN (Persero), yakni ditandai dengan dikeluarkannya SK Manager PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur No. 024.K/021/DIST-JATIM/2003. Reorganisasi didalam tubuh PT. PLN (Persero) bertujuan untuk mencapai tingkat efisiensi dan produktivitas yang optimal dari segi pelayanan, perolehan laba, perluasan usaha (berupa pelaksanaan pembangunan), kesejahteraan pegawai dan tanggung jawab sosial sehingga perusahaan pada posisi unggul dalam menghadapi persaingan dan semakin mampu menarik sumber daya ekstemal. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian sejauh mana pengaruh pelaksanaan kebijakan restrukturisasi organisasi di PT. PLN (Persero) dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Landasan teori yang digunakan dalam skripsi ini antara lain adalah Konsep dasar implementasi kebijakan, teori organisasi, Restrukturisasi organisasi, pelayanan publik, hubungan restrukturisasi dengan peningkatan pelayanan publik. Metode yang dipakai adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dimana fokus penelitiannya aniara lain Pelaksanaan restrukturisasi organisasi di PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan restrukturisasi organisasi di PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Upaya yang dilakukan PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Hasil pelaksanaan restrukturisasi organisasi di PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam restrukturisasi organisasi yang dilakukan PT. PLN (Persero)Area Pelayanan dan Jaringan Malang teijadi perubahan, baik peningkatan, pembentukan unit barn, maupun penyempumaan dari unit yang ada. Faktor penghambat pelaksanaan restrukturisasi organisasi PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang antara lain lemahnya sumber daya manusia, banyak karyawan yang belum mengerti mengenai tugas dan tanggung jawabnya, jumlah gangguan yang terjadi masih tinggi. Faktor pendukungnya antara lain adalah visi dan misi, sumber daya manusia yang mendukung restrukturisasi organisasi, motivasi ingin mengubah image dari PT. PLN (Persero) menjadi PT. PLN (Persero) sebagai industri jasa yang dapat bekeija secara maksimal dan profesional dalam memberikan pelayanan serta semakin dekatnya era globalisasi. Upaya-upaya yang dilakukan PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang dalam meningkatkan pelayanan adalah melalui peningkatan sumber daya manusianya serta meningkatkan sarana dan prasarana untuk mendukung peningkatan pelayanan PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Hasil pelaksanaan restrukturisasi organisasi dapat dilihat dari adanya peningkatan pelayanan yang diberikan oleh PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang sebelum dan sesudah pelaksanaan restrukturisasi. Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan saran antara lain adalah Pembenahan SDM PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Akan lebih baik jika PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang memberikan informasi kepada masyarakat mengenai produk-produk pelayanan yang ditawarkan oleh PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang melalui media massa maupun media elektronik agar masyarakat dapat mengetahui dan memanlaatkan secara maksimal produk-produk pelayanan tersebut. PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang diharapkan agar tidak berhenti sampai disini saja melakukan suatu pembaharuan, tetapi terns melakukan terobosan sejauh itu dipandang relevan, efektif, dan efisien untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang harus cepat tanggap mengetahui seberapa jauh kekecewaan maupun kepuasan pelanggan dalam hal pelayanan yang diberikan oleh PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:29
Last Modified: 19 Aug 2024 03:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228321
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DANI YUDO NUGROHO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Actions (login required)

View Item View Item