R, Rusel oeslim and Hanifah Muslimah Az-Zahar,, S.Sn., M.Ds. and Dwi Cahya Astriya Nugraha,, S.Kom., M.Kom. (2024) Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Peminjaman Ruangan Dan Fasilitas Di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Dengan Metode Human Centered Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) telah menyediakan berbagai ruangan dan fasilitas untuk mahasiswanya, baik untuk kegiatan akademik maupun non-akademik, seperti gedung kreativitas mahasiswa, ruang kelas, lapangan basket, dan fasilitas lainnya. Ruangan-ruangan ini dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mengembangkan potensi mereka di berbagai bidang. Untuk menggunakan ruangan dan fasilitas di FILKOM UB, mahasiswa harus mengikuti prosedur tertentu untuk meminjam dan mendapatkan izin penggunaan ruangan. Namun, proses peminjaman ruangan dan fasilitas di FILKOM UB saat ini masih belum terintegrasi, dan tidak ada panduan lengkap mengenai prosedur untuk setiap ruangan dan fasilitas, yang membuat mahasiswa merasa kurang nyaman dan mengalami pengalaman yang buruk dalam peminjaman ruangan dan fasilitas. Menanggapi masalah tersebut, peneliti mengusulkan solusi berupa digitalisasi alur peminjaman ruangan dan fasilitas FILKOM UB dalam bentuk perancangan layanan aplikasi mobile menggunakan metode human-centered design dengan hasil akhir berupa prototipe. Prototipe yang dibuat dievaluasi menggunakan usability testing untuk menguji aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna pada sepuluh responden mahasiswa Universitas Brawijaya. Hasil pengujian menunjukkan 95% untuk aspek efektivitas, 0,081 goals/sec untuk aspek efisiensi, dan skor 92,2 untuk aspek kepuasan pengguna menggunakan SUS, yang menempatkan sistem ini dalam kategori grade "A
English Abstract
The Faculty of Computer Science, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), has provided various rooms and facilities for its students, both for academic and non�academic activities, such as the student creativity building, classrooms, basketball courts, and other facilities. These rooms are utilized by students to develop their potential in various fields. To use the rooms and facilities at FILKOM UB, students must follow certain procedures to borrow and obtain permission for room use. However, the current process for borrowing rooms and facilities at FILKOM UB is not yet integrated, and there is no complete guide regarding the procedures for each room and facility, making students feel uncomfortable and experiencing poor experiences in borrowing rooms and facilities. In response to these issues, researchers propose a solution in the form of digitizing the room and facility borrowing process at FILKOM UB in the form of a design mobile application service using human-centered design method, with the final result being a prototype. The prototype was evaluated using usability testing to assess the aspects of effectiveness, efficiency, and user satisfaction with ten student respondents from Universitas Brawijaya. The test results showed 95% for effectiveness, 0.081 goals/sec for efficiency, and a score of 92.2 for user satisfaction using SUS, placing this system in the "A" grade category.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052415 |
Uncontrolled Keywords: | peminjaman ruangan dan fasilitas, FILKOM UB, human-centered design, prototipe, usability testing-rooms and facilities, FILKOM UB, human-centered design, prototype, usability testing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:08 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228314 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rusel Roeslim.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |