Pengembangan sumber Daya Aparatur Untuk Meningkatkan Kinerja ( Study pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Blitar )

Sukmawati, Deby and DRS. Suwondo, MS and DRS. MOCH. SALEH SOEAIDY, MS (2006) Pengembangan sumber Daya Aparatur Untuk Meningkatkan Kinerja ( Study pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Blitar ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

esuai dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Poko-Pokok Kepegawaian ( 1999 : 3 ) bahwa “ Pegawai Negeri berkedudukan sebagai unsur aparatur negara yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, jujur, adil, dan merata dalam menyelenggarakan tugas negara, pemerintahan, dan pembangunan Oleh karena itu pengembangan pengembangan sumber daya aparatur juga dilaksanakan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang diharapkan dapat meningkatkan kineijanya baik dalam melaksanakan tugas maupun dalam mengembangkan kualitas dan kemampuan diri pribadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengembangan sumber daya aparatur pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan kineija aparatur dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena dalam penelitian ini peneliti mengamati keadaan yang terjadi pada Dinas Tenaga Keija dan Transmigrasi terkait dengan pengembangan sumber daya aparatur untuk meningkatkan kineija dan kemidian memberikan analisa sebagai dasar untuk menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian terkait dengan pengembangan sumber daya aparatur untuk meningkatkan kineija pada Dinas Tenaga Keija dan Transmigrasi adalah menggunakan sistem On The Job Training ( Pelatihan didalam pekerjaan ) yaitu melalui rotasi jabatan, instruksi pekeijaan, pendidikan dan pelatihan, dan sistem Off The Job Training ( Pelatihan diluar pekeijaan ) yaitu melalui presentasi video, vestibule training ( Pelatihan dengan mendatangkan pelatih khusus ), dan program-program pengembangan ekskutif. Sedangkn untuk mengetahui kineija aparatur dalam melaksanakan tugas-tugasnya adalah melalui 1. Prestasi keija yaitu melalui Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( LAKIP ). 2. Kedisiplinan pegawai yaitu melalui WASKAT. dan 3. Absensi pegawai yang menunjukkan tingkat kehadiran pegawai. Belum semua program pengembangan dapat dilaksanakan hal ini karena terbentur dengan masalah dana dan sarana prasarana, namun upaya pengembangan sumber daya aparatur harus terus dilaksanakan seiring dengan perkembangan jaman yang menuntut kesiapan para aparatur agar dapat bekerja secara profesional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:59
Last Modified: 19 Aug 2024 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228304
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DEBY SUKMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Actions (login required)

View Item View Item