Analisis Biaya Diferensial Sebagai Salah Satu Dasar Pengambilan Keputusan Membuat Atau Membeli Bahan Baku (Suatu Kasus Pada Pt. Pandanarum Kenanga Textile (Panamtex) Pekalongan)

Pinamo, Anung Pramudhita Aris and Drs. Kertahadi, M.Com and Drs. Muhamrodd Saifi, MSi (2006) Analisis Biaya Diferensial Sebagai Salah Satu Dasar Pengambilan Keputusan Membuat Atau Membeli Bahan Baku (Suatu Kasus Pada Pt. Pandanarum Kenanga Textile (Panamtex) Pekalongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketika perekonomian Indonesia saat ini tidak menentu, perusahaan dituntut untuk dapat mengelola perusahaan dengan efektif dan efisien sehingga perusahaan dapat tetap eksis. Dengan menekan biaya serendah mungkin,harga produk akan dapat bersaing dengan perusahaan lain, terlebih lagi dengan akan berlakunya pasar global. Dengan menekan biaya juga akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan atau laba. Dalam hal ini biaya bahan baku merupakan salah satu biaya yang harus ditekan oleh perusahaan agar perusahaan dapat meningkatkan pendapatan. Di dalam pengadaan bahan baku terdapat dua altematif pilihan terkait dengan biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. Tetapi banyak faktor yang harus dipertimbangkan oleh manajemen perusahaan terhadap pemilihan altematif tersebut. Pada perusahaan yang bergerak dalam bidang tekstil, faktor tersebut timbul dalam pemenuhan kebutuhan bahan baku. Perusahaan masih tergantung pada pemasok dari luar negeri dengan mengimpor bahan baku dengan pembelian menggunakan Dollar yang sampai sekarang belum stabil terhadap mata uang Rupiah. Hal ini menimbulkan ketidakpastian bagi perusahaan. Di sisi lain, belum adanya kepastian tentang perburuhan dan harga bahan bakar minyak yang tinggi membuat perusahaan juga hams memperhitungkan dengan cermat bila akan memenuhi kebutuhan bahan bakunya sendiri. Oleh karena itu penngambilan keputusan yang akan dibuat oleh manajemen perusahaan harus tepat agar tidak timbul kerugian yang nantinya bisa menjadi beban lagi. Untuk pengambilan keputusan dalam pemenuhan bahan baku ini salah satunya dapat mempergunakan Analisis Biaya Diferensial. Factor yang dipertimbangkan dalam Analsisi Biaya Diferensial berkaitan dengan kelancaran pemenuhan kebutuhan bahan baku dan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Masalah yang terjadi dalam perusahaan adalah apakah pengadaan bahan baku pada PT. Pandanarum Kenanga Textile Pekalongan sudah tepat menurut Analisis Biaya Diferensial. Implikasi terapannya, pada saat ini PT. Pandanarum Kenanga Textile Pekalongan memilih altematif membeli bahan baku benang dari pemasok luar (mengimpor)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:52
Last Modified: 19 Aug 2024 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228298
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ANUNG PRAMUDHITA A.P..pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item