v

Nurhayati, Laili and Prof. Dr.Bambang Swasto, S., ME. and Drs. Soe’oed Hakam, Msi. (2006) v. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Karyawan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office ) ini dilatarbelakangi oleh suatu keinginan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompensasi dalam usaha untuk meningkatkan kepuasan keija karyawan, khususnya untuk kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung , sehingga dengan pemberian kompensasi secara tepat, diharapkan akan mampu memotivasi karyawan yang pada akhimya akan meningkatkan produktifitas keija Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kepuasan keija, baik secara simultan maupun secara parsial, dimana dalam analisa data digunakan analisis deskriptif, dan analisis regresi linier berganda. Analisis deskriptif menguraikan tentang distribusi dari item masing-masing variabel, dan analisis regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis besamya pengaruh antara 2 (dua) variabel bebas terhadap l(satu) variabel terikat. Analisis regresi linier berganda secara simultan digunakan untuk mengetahui signifikan tidaknya pengaruh dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat secara bersama-sama, sedangkan analisis regresi linier berganda secara parsial digunakan untuk mengetahui signifikan tidaknya pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat secara individu. Keseluruhan pengujian tersebut dilakukan dengan bantuan program SPSSfor Windows Releas 11.0. Penelitian ini menggunakan metode penelitian explanatory, dengan bantuan kuesioner yang disebarkan kepada responden sebanyak 30 orang kaiyawan pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office. Adapun teori-teori yang mendukung pada penelitian ini antara lain mencakup pengertian kompensasi, tujuan, asas, dan bentuk-bentuk kompensasi, serta teori kepuasan keija yang mencakup berbagai pengertian tentang kepuasan keija itu sendiri dan dalam hubunganya dengan kompensasi Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kompensasi langsung (Xj) dan variabel kompensasi tidak langsung (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan kerja karyawan (Y), dimana Adjusted R Square sebesar 0,654. hal ini berarti bahwa kepuasan keija karyawan dipengaruhi sebesar 65,4% oleh variabel Xi dan variabel X2, sedangkan sisanya sebesar 34,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel bebas yang tidak termasuk dalam penelitian. Selain itu diketahui pula bahwa variabel kompensasi langsung (Xi) memiliki pengaruh dominan terhadap variabel kepuasan keija karyawan (Y) dengan Beta sebesar 0,516. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh yang signifikan antara vairabel kompensasi langsung (Xj) dan variabel kompensasi tidak langsung (X2) terhadap variabel kepuasan keija karyawan (Y) secara simultan maupun secara parsial. Sedangkan saran yang dapat diberikan bagi perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam kebijakan pemberian kompensasi adalah hendakanya perusahaan lebih meningkatkan keberadaan kompensasi tidak langsung yang telah ada, sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan kepuasan keija karyawan pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:32
Last Modified: 19 Aug 2024 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228279
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
LAILI NURHAYATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Actions (login required)

View Item View Item