Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kecamatan Lowokwaru Kota MALANG. “(Studi kasus pada Kantor Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)”

Anggana, Kyky Wenda and Drs. Aspan Munadi, M.A.P (2006) Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kecamatan Lowokwaru Kota MALANG. “(Studi kasus pada Kantor Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejalan dengan cepatnya dinamika perkembangan kehidupan masyarakat mengakibatkan semakin meningkat pula kompleksitas permasalahan tuntutan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan adanya upaya untuk mewujudkan Aparatur Pemerintahan Kecamatan yang professional dan menguasai di bidangnya. Kesemuanya ini diproyeksikan kepada terlaksananya pelayanan publik yang baik. Dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, hendaknya pemerintah kecamatan dapat menunjukkan sikap dan perilaku profesional, dalam rangka mewujudkan prestasi dan kinerja birokrasi serta profesionalisme. Dalam praktek sehari-hari pelayanan publik Pemerintah Kecamatan masih menjadi sorotan negatif oleh banyak kalangan, terutama dari masyarakat sendiri sebagai penerima jasa pelayanan Adapun faktor penyebab timbulnya pelayanan yang belum maksimal ini adalah kualitas sumber daya manusia yang masih rendah, yang belum efesien dan efektif. Terbatasnya kemampuan dari aspek manajerial, teknis dan administratif untuk mengimbangi cepatnya pertumbuhan dan perubahan akan pelayanan laju pembangunan sering dikarenakan kurang mampunya Aparatur pelaksana untuk mengadaptasi diri dengan perkembangan teknologi, bekerja secara efisien, menciptakan kondisi kerja yang kompetitif, menggerakkan partisipasi masyarakat dan menciptakan situasi yang kondusif untuk merangsang partisipasi swasta dalam menyediakan pelayanan kepada masyarakat yang tidak mampu dipenuhi oleh Pemerintah. Oleh karena itu peningkatan kualitas pelayanan adalah salah satu alternatif yang paling tepat dan mendesak untuk segera dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan publik di Pemerintah Kecamatan Lowokwaru, upaya-upaya apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Lowokwaru dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi oleh Pemerintah Kecamatan Lowokwaru dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Fokus penelitian ini adalah pelayanan publik di Kecamatan Lowokwaru, upaya yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Lowokwaru dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, faktor yang mempengaruhi Pemerintah Kecamatan Lowokwaru dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan tanggapan masyarakat tentang pelayanan yang diberikan Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu analisis yang tidak menggunakan perhitungan-perhitungan yang bersifat statistik. Kemudian menggunakan pendekatan yang logis, akurat dan tentang keadaan yang sebenamya dan menarik kesimpulan sehingga diperoleh penyelesaian masalah Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelayanan publik di Kantor Kecamatan Lowokwaru kepada masyarakat sudah cukup baik. Tercapainya tujuan pelayanan publik tersebut tidak lain adalah karena didukung oleh kecepatan pelayanan, model antrian dan tingkat pendidikan pegawai yang memenuhi persyaratan dalam proses memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat. Upayaupaya yang dilakukan Kantor Kecamatan lowokwaru untuk meningkatkan kualitas pelayanannya adalah peningkatan saran dan prasarana pelayanan, peningkatan tanggungjawab pegawai, peningkatan keramahan dan kesopanan pegawai, dan ketepatan waktu dalam membarikan pelayanan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemerintah kecamatan lowokwaru dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah faktor tingkat pendidikan, faktor sarana dan prasarana, faktor disiplin pegawai, dan faktor masa kerja pegawai. Hendaknya Kantor Kecamatan Lowokwaru terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Membuat beberapa pembaharuan dalam hal memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Upaya yang haras dilakukan adalah dengan terus meningkatkan kemampuan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan sesuai dengan tugas dan kewajibannya sehingga akan didapat profesionalisme didalam menjalankan tugas. Untuk lebih meningkatkan profesionalisme pegawai perlu diberikan pelatihan/kursus yang berkaitan dengan cara/prosedur dalam melayani masyarakat. Peranan Camat dalam memberi bimbingan dan arahan kepada pegawai sangat dibutuhkan sehingga aparatur dapat berbuat adil, sopan, disiplin serta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kualitas pelayanan perlu dipertahankan dan ditingkatkan dengan memberikan atau mewujudkan pelayanan prima melalui peningkatan sarana dan prasarana penunjang didalam kegiatan pelayanan sebagai upaya menciptakan efektifitas dan efisiensi dalam pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:25
Last Modified: 19 Aug 2024 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228272
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
KYKY WENDA ANGGANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item