Analisis Kesuksesan Aplikasi Jconnect Mobile Menggunakan Model Delone And Mclean

Atmaja, Alvino Dwiky and Aditya Rachmadi, S.ST., M.T and Ir. Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom (2024) Analisis Kesuksesan Aplikasi Jconnect Mobile Menggunakan Model Delone And Mclean. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi Jconnect memiliki banyak komentar yang memberikan penilaian tentang keterbatasan yang dirasakan. Banyaknya ulasan negatif yang diberikan oleh pengguna aplikasi JConnect menunjukkan bahwa kesuksesan terhadap aplikasi masih belum berjalan maksimal. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis tingkat kesuksesan aplikasi Jconnect Mobile dengan menggunakan model kesuksesan Delone and Mclean. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data berupa kuesioner yang dibagikan ke responden lalu dilakukan analisis deskriptif untuk menggambarkan variabel secara apa adanya didukung dengan data-data berupa angka yang dihasilkan dari keadaan sebenarnya dan analisis inferensial untuk analisis hubungan antar variabel dengan pengujian hipotesis. Berdasarkan analisis yang dialakukan dari duapuluh hipotesis yang diajukan, lima hipotesis menunjukkan pengaruh yang signifikan dan limabelas lainnya tidak ada pengaruh yang signifikan. Tiga ukuran keberhasilan atau kesuksesan ditinjau dari tingkat teknis, tingkat semantik, dan tingkat efektivitas. Kesuksesan dalam tingkat teknis memberikan hasil cukup baik diukur dari variabel System quality dan service quality. Pada variabel system quality indikator response time perlu menjadi perhatian perbaikan atau penigkatan, Indikator pada variabel service quality memiliki nilai rata-rata paling rendah dari semua variabel sehingga menjadi variabel yang memerlukan peningkatan atau perbaikan. Kesuksesan dalam tingkat semantic memberikan hasil cukup baik dan variabel information quality terutama pada indikator completeness dan timeliness yang memerlukan peningkatan atau perbaikan. Kesuksesan dalam tingkat efektivitas memberikan hasil yang baik dilihat dari nilai indikator pada tiga variabel yang digunakan yaitu use, user statisfaction, dan net benefit yang terbilang tinggi. peningkatan atau perbaikan yang perlu dilakukan adalah pada indikator kepuasan menyeluruh pada kepuasan pengguna, time saving pada manfaat bersih

English Abstract

The Jconnect app has many comments that provide an assessment of perceived limitations. The number of negative reviews given by JConnect application users shows that the success of the application is still not running optimally. This study aims to analyze the success rate of Jconnect Mobile application using Delone and Mclean success model. This study is a quantitative research with data collection in the form of questionnaires distributed to respondents and then descriptive analysis to describe the variables as they are supported by data in the form of numbers generated from the actual situation and inferential analysis to analyze the relationship between variables with hypothesis testing. Based on the analysis of twenty hypotheses proposed, five hypotheses showed a significant effect and the other fifteen showed no significant effect. Three measures of success or success are considered from the technical level, semantic level, and level of effectiveness. Success at the technical level provides quite good results measured from system quality and service quality variables. In system quality variables, response time indicators need to be a concern for improvement or improvement, indicators in service quality variables have the lowest average value of all variables so that they become variables that require improvement or improvement. Success in the semantic level provides good results and information quality variables, especially on the indicators of completeness and timeliness that require improvement or improvement. Success in the level of effectiveness gives good results seen from the indicator values on three variables used, namely use, user Statistics, and high net benefit. improvement or improvement that needs to be done is on the overall satisfaction indicator on user satisfaction, time saving on net benefits.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: Delone & Mclean, Kesuksesan, Moblie Banking, Regresi Linier Berganda-Delone & Mclean, success, Moblie Banking, Multiple Linear Regression
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:43
Last Modified: 06 Nov 2024 04:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228240
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
052415-Alvino Dwiky Atmaja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item