Hubungan Praktik Pemberian Makan Pada Anak Terhadap Tingkat Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Di Kota Malang

Azzahra, Putri Nur Fadhillah and Dr. Ns. Fransiska Imavike Fevriasanty, S.Kep., M.Nurs and Ns. Nurona Azizah, S.Kep., M.Biomed (2024) Hubungan Praktik Pemberian Makan Pada Anak Terhadap Tingkat Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Praktik pemberian makan adalah strategi dan tindakan khusus orang tua dalam memberikan nutrisi kepada anak. Praktik pemberian makan sangat penting bagi kecukupan gizi seimbang anak, terutama usia pra sekolah. Karena pada usia pra sekolah sering disebut sebagai golden age, atau masa keemasan dimana pondasi otak sedang dibangun. Jika gizi anak tidak tercukupi, maka akan berdampak buruk pada perkembangan anak. Tujuan Penelitian untuk mengetahui hubungan praktik pemberian makan pada anak dengan perkembangan anak usia pra sekolah. Penelitian kuantitatif dengan metode analitik korelasi dan pendekatan Cross Sectional dengan menggunakan dua instrument. Instrument yang pertama yaitu praktik pemberian makan menggunakan kuisioner Comprehensive Feeding Practice Questionare (CFPQ) yang dibagikan kepada 110 responden orang tua, sedangkan instrument yang kedua yaitu Kuisioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) yang akan diuji dan ditanyakan kepada 110 responden anak beserta orang tua yang menjadi sampel penelitian. Teknik sampling yang dipakai adalah Purposive Sampling dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil uji korelasi menggunakan Spearman Rank menunjukkan p value 0,000 dengan koefisien korelasi 0,516. Pada penelitian ini didapatkan 83 orang tua (75,5%) memberikan praktik pemberian makan kepada anak dengan baik dan 61 anak (55,5%) mengalami perkembangan Normal. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara praktik pemberian makan dengan perkembangan anak usia pra sekolah, dimana semakin baik praktik pemberian makan dari orang tua maka akan berdampak baik pula pada perkembangan anak. Perawat dapat memberikan fokus pada edukasi terkait praktik pemberian makan pada anak yang baik, serta pentingnya deteksi dini pada perkembangan anak usia pra sekolah dengan stimulus apa saja yang harus dilakukan orang tua kepada anak.

English Abstract

Feeding practices are specific strategies and actions of parents in providing nutrition to children. Feeding practices are very important for adequate balanced nutrition for children, especially pre-school age. Because pre-school age is often referred to as the golden age, or the golden age where the brain foundations are being built. If a child's nutrition is inadequate, it will have a negative impact on the child's development. The aim of the research is to determine the relationship between child feeding practices and the development of pre-school aged children. Quantitative research using correlation analytical methods and a cross sectional approach using two instruments. The first instrument is the practice of feeding using the Comprehensive Feeding Practice Questionnaire (CFPQ) which was distributed to 110 parent respondents, while the second instrument is the Pre-Developmental Screening Questionnaire (KPSP) which will be tested and asked to 110 child respondents and their parents. research sample. The sampling technique used was purposive sampling using predetermined inclusion and exclusion criteria. The results of the correlation test using Spearman Rank show a p value of 0.000 with a correlation coefficient of 0,516. In this study, it was found that 83 parents (75.5%) provided good feeding practices to their children and 61 children (55.5%) experienced normal development. It can be concluded that there is a relationship between feeding practices and the development of pre-school children, where the better the parents' feeding practices, the better the impact on the child's development. Nurses can focus on education regarding good child feeding practices, as well as the importance of early detection in the development of pre-school aged children with what stimuli parents should provide to children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052416
Uncontrolled Keywords: Praktik Pemberian Makan, Perkembangan Anak, Usia Pra Sekolah -Feeding Practices, Child Development, Pre-School Age
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:59
Last Modified: 05 Nov 2024 07:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228158
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putri Nur Fadhillah Azzahra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item