Bagaskara, Muhammad Fadhilah and Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A and Ir. Yusi Tyroni Mursityo (2024) Analisis Dan Evaluasi Proses Bisnis Layanan Rawat Jalan Rsi Aisyiyah Malang Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (Fmea) (Studi Kasus Pada Rsi Aisyiyah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
RSI Aisyiyah Malang adalah bagian dari jaringan Rumah Sakit Muhammadiyah yang berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pasien dengan menyediakan berbagai fasilitas kesehatan. Dengan fasilitas ini, RSI Aisyiyah Malang berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik dan aman bagi pasien. Salah satu layanan yang disediakan di RSI Aisyiyah Malang adalah layanan BPJS rawat jalan. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa permasalahan yang terjadi dalam proses bisnis yang dijalankan, seperti proses waktu tunggu pendaftaran dan waktu tunggu pengambilan obat yang masih cukup lama sehingga mengakibatkan waktu pelayanan yang lama pula. Karena alasan tersebut, penting untuk mengevaluasi proses bisnis untuk memahami lebih dalam tentang masalahnya dan mencari solusinya. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi proses bisnis yang sedang berjalan di dalam Layanan BPJS RSI Aisyiyah Malang. Langkah selanjutnya adalah melakukan pemodelan proses bisnis menggunakan Business Process Modelling Notation (BPMN). Langkah selanjutnya adalah menganalisis proses bisnis dengan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) guna mengidentifikasi potensi permasalahan yang memiliki nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi, lalu merumuskan rekomendasi solusi berdasarkan hasil analisis potensi masalah tersebut. Hasil perumusan rekomendasi solusi permasalahan berupa perekrutan karyawan magang, menyediakan panduan dan menyelenggarakan sesi pelatihan, menyediakan komunikasi yang efektif dan edukasi pasien, serta dua jenis sistem manajemen informasi, yaitu Sistem manajemen inventaris obat dan Sistem manajemen jadwal dokter dan penggantian dokter. Hasil rekomendasi solusi tersebut memenuhi prinsip-prinsip Transparency, Accountability, Participation, Effectiveness, Efficiency, dan Responsiveness yang terdapat dalam prinsip Good Governance
English Abstract
RSI Aisyiyah Malang is part of the Muhammadiyah Hospital network, committed to improving the quality and safety of patient care by providing various healthcare facilities. With these facilities, RSI Aisyiyah Malang is dedicated to delivering the best and safest healthcare services for patients. One of the services provided at RSI Aisyiyah Malang is the outpatient care service through BPJS. In its implementation, there are several issues in the business processes, such as the registration waiting time and the waiting time for medication retrieval being quite long, resulting in extended service times. Due to these reasons, it is crucial to evaluate the business processes to gain a deeper understanding of the issues and seek solutions. The first step is to identify the existing business processes within the BPJS service at RSI Aisyiyah Malang. The subsequent step involves modeling the business processes using Business Process Modelling Notation (BPMN). Following this, the business processes are analyzed using the Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) method to identify potential issues with the highest Risk Priority Number (RPN), and then formulate solution recommendations based on the analysis of these potential issues. The formulated recommendations include the recruitment of intern employees, provision of guidelines and training sessions, effective communication and patient education, as well as two types of information management systems: the Drug Inventory Management System and the Doctor Schedule and Replacement System. These solution recommendations adhere to the principles of Transparency, Accountability, Participation, Effectiveness, Efficiency, and Responsiveness, which are integral to the principles of Good Governance.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052415 |
Uncontrolled Keywords: | proses bisnis, BPMN, FMEA, Good Governance, manfaat bisnis SI/TI -business processes, BPMN, FMEA, Good Governance, IS/IT business value |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 05:15 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 05:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228003 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Fadhilah Bagaskara.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |