Efektivitas Assertive training dalam Menurunkan Kejadian Bullying pada Siswa SMA.

Hamid, Abdul and Dr. Ns. Heni Dwi Windarwati, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J, and Ns. Muhammad Sunarto, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J. (2024) Efektivitas Assertive training dalam Menurunkan Kejadian Bullying pada Siswa SMA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bullying adalah tindakan negatif yang dilakukan berulang kali oleh pihak yang lebih kuat terhadap korban. Korban sering kali mengalami kesulitan untuk berbicara secara jujur dan terbuka karena kurangnya perilaku asertif. Assertive Training bertujuan untuk membekali individu agar dapat menangani masalah dengan baik, sehingga dapat mengurangi kejadian bullying. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas assertive training dalam menurunkan kejadian bullying pada siswa SMA. Desain penelitian quasi-eksperimental pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Dua kuesioner digunakan: Rathus Assertiveness Schedule untuk menilai asertivitas siswa, dan Adolescent Peer Relations Instrument (APRI) untuk mengukur tingkat bullying. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih 46 siswa sebagai sampel. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilks, dilanjutkan dengan uji Wilcoxon untuk data pre-post test pada kelompok intervensi 1 dan 2 karena distribusi data yang tidak normal. Untuk menilai perbedaan pengaruh intervensi terhadap kejadian bullying, data pretest dan posttest diuji dengan menggunakan uji MannWhitney. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan perilaku asertif signifikan setelah assertive training pada kelompok intervensi 1 (p = 0,034) dan kelompok intervensi 2 (p = 0,014). Namun, tidak ada penurunan yang signifikan pada tingkat bullying pada kelompok intervensi 1 (p = 0,83) atau kelompok intervensi 2 (p = 1,00). Selain itu, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam tingkat perundungan yang diamati antara kelompok intervensi 1 dan 2 sebelum dan sesudah pelatihan (p = 0,713 dan 0,386). Kesimpulannya, assertive training tidak efektif dalam menurunkan kejadian bullying pada siswa SMA. Upaya untuk menghadapi bullying diperlukan keterlibatan berbagai metode dan program serta kolaborasi dengan pihak keluarga, sekolah, dan masyarakat.

English Abstract

Bullying is a negative act perpetrated repeatedly by the stronger party against the victim. Victims often have difficulty speaking honestly and openly due to a lack of assertive skills. Assertive training aims to equip individuals to handle problems well, thereby reducing the incidence of bullying. This study aims to analyze the effectiveness of assertive training in reducing bullying among high school students. A quasi-experimental design with pre-posttest and control groups was used. Two questionnaires were employed: The Rathus Assertiveness Schedule to assess students' assertiveness, and the Adolescent Peer Relations Instrument (APRI) to measure bullying levels. A purposive sampling technique selected 46 students as the sample. Data were analyzed using the Shapiro-Wilks normality test, followed by the Wilcoxon test for pre-post test data in intervention groups 1 and 2 due to non-normal data distribution. To assess differences in the effect of the intervention on bullying incidence, the pretest and post-test data were tested using the Mann-Whitney test. Results showed a significant increase in assertiveness after training in intervention group 1 (p = 0.034) and intervention group 2 (p = 0.014). However, there was no significant reduction in bullying levels in intervention group 1 (p = 0.83) or intervention group 2 (p = 1.00). Additionally, no significant difference in bullying levels was observed between intervention groups 1 and 2 before and after the training (p = 0.713 and 0.386). In conclusion, assertive training does not effectively reduce bullying. Efforts to reduce bullying should involve various methods and programs, collaborating with families, schools, and the community

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524160077
Uncontrolled Keywords: Perilaku Asertif, Assertive Training, Bullying-Assertive Behavior, Assertive Training, Bullying
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:43
Last Modified: 01 Nov 2024 03:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227980
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Abdul Hamid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item