EFL Students' Perception of Using Quizizz as The Assessment Media in SMKN 1 Blitar

Angyun, Issa Bella Yunita and Dr. Ive Emaliana, S.Pd., M.Pd (2024) EFL Students' Perception of Using Quizizz as The Assessment Media in SMKN 1 Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan EFL di Indonesia diwajibkan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga universitas, dan penilaian yang efektif sangat penting dalam mengevaluasi hasil pembelajaran dan perkembangan siswa. Teknologi seperti Quizizz meningkatkan proses ini dengan menyediakan penilaian interaktif dan gamifikasi yang menumbuhkan keterlibatan dan motivasi siswa. Penelitian ini mengeksplorasi persepsi siswa kelas XI SMKN 1 Blitar dalam menggunakan Quizizz sebagai media penilaian, yang menawarkan wawasan berharga untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan survei sebagai pendekatan pengumpulan data utama. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kuesioner tertutup yang dirancang untuk menilai persepsi siswa mengenai penggunaan Quizizz. Kuesioner terdiri dari 12 pertanyaan yang dikategorikan ke dalam tiga indikator. Yaitu Kenyamanan, Keseruan, dan Kepraktisan. Indikator-indikator ini diadaptasi dari kuesioner Zhao (2019) dan disesuaikan agar sesuai dengan konteks budaya melalui proses penerjemahan dan penerjemahan kembali. Interpretasi data melibatkan pengkategorian skor ke dalam rentang dari "Baik" hingga "Buruk" berdasarkan analisis persentase, diikuti dengan analisis data menggunakan skala Likert untuk mengukur persepsi siswa secara kuantitatif. Data dikumpulkan dari 105 siswa di tiga kelas yang berbeda di SMKN 1 Blitar dengan menggunakan kuesioner. Analisis data melibatkan penggunaan skala Likert dan analisis persentase untuk menginterpretasikan persepsi dan tanggapan siswa. Berdasarkan temuan, penelitian ini menunjukkan persepsi positif di kalangan siswa mengenai penggunaan Quizizz sebagai alat penilaian di SMKN 1 Blitar. Hasil temuan penelitian yaitu 68,57%. Responden melihat Quizizz secara positif, mencatat kemudahan penggunaan, peningkatan keterlibatan, dan manfaat motivasi dalam mempelajari tata bahasa Inggris. Hal ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa Quizizz membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, mengurangi kecemasan dalam menghadapi ujian, dan menumbuhkan lingkungan pendidikan yang interaktif. Temuan tersebut menggarisbawahi potensi Quizizz untuk secara efektif melibatkan siswa, mendorong partisipasi yang jujur dalam penilaian, dan meningkatkan hasil pembelajaran.

English Abstract

EFL education in Indonesia is mandatory from elementary to university levels, and effective assessment is crucial in evaluating learning outcomes and student development. Technology like Quizizz enhances this process by providing interactive, gamified assessments that foster student engagement and motivation. This study explores the perceptions of class XI SMKN 1 Blitar students on using Quizizz as an assessment medium, offering valuable insights for improving EFL learning. The research employs a descriptive quantitative method, utilizing surveys as the primary data collection approach. The research instruments used in this study include a closed-questionnaire designed to assess students' perceptions regarding the use of Quizizz. The questionnaire consists of 12 questions categorized into three indicators. There are Convenience, Excitement, and Practicality. These indicators were adapted from Zhao's (2019) questionnaire and tailored to fit the cultural context through a translation and back-translation process. Data interpretation involved categorizing scores into ranges from "Good" to "Poor" based on percentage analysis, followed by data analysis using a Likert scale to quantitatively measure student perceptions. Data is collected from 105 students across three different classes at SMKN 1 Blitar using questionnaires. The data analysis involves the use of a Likert scale and percentage analysis to interpret students' perceptions and responses. Based on the findings, the research indicates a positive perception among students regarding the use of Quizizz as an assessment tool at SMKN 1 Blitar. A significant majority, 68.57% of respondents, view Quizizz positively, noting its ease of use, engagement enhancement, and motivational benefits in learning English grammar. This supports previous studies suggesting that Quizizz gamifies learning, reduces exam anxiety, and fosters an interactive educational environment. Such findings underscore Quizizz's potential to effectively engage students, promote honest participation in assessments, and improve learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120209
Uncontrolled Keywords: Quizizz, Assessment Media, Students’ Perception- Quizizz, Media Penilaian, Persepsi Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:43
Last Modified: 01 Nov 2024 03:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227965
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Issa Bella Yunita Angyun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item