Satriawan, Pravasta Wahyu and Prof. Dr. Ir. Sugiyanto, MS and Dr. Asihing Kustanti, S.Hut, MSi, (2024) Model Agro-Eduwisata Berbasis Persepsi Pengunjung dalam Mendukung Pengembangan Desa Wisata Tulungrejo, Kota Batu. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengembangan wilayah pedesaan menjadi kawasan wisata menjadi isu hangat yang sedang diperbincangkan.kehadiran wisata pedesaan dinilai mampu menggerakan perekonomian masyarakat sekitar pedesaan karena berkembanganya sektor pariwisata berjalan seiringan dengan perkembangan sektor lain dalam desa. Dewasa ini mulai muncul kesadaran bahwa pengembangan desa wisata bukan hanya berfokus pada internal desa, namun juga harus mempertimbangkan harapan pengunjung wisata. Desa Wisata Tulungrejo telah berjalan selama satu dasawarsa terakhir dengan dukungan Undang-Undang Desa. Akan tetapi seringkali pengembangan hanya berfokus pada internal desa sendiri tanpa memperhatikan harapan dari pengunjung. Berbagai macam permasalahan ditemukan seperti kurang maksimalnya pengembangan desa wisata terlebih dalam ciri khas bagi pengunjung, kurangnya penyebaran informasi mengenai ulasan Desa Wisata Tulungrejo, beserta pengembangan yang hanya berfokus pada internal desa tanpa memperhatikan pengetahuan dan harapan wisatawan. Goal dari penelitian ini adalah untuk menemukan model agro-eduwisata berbasis persepsi pengunjung dalam mendukung pengembangan Desa Wisata Tulungrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif dengan desain survei. analisa dalam penelitian ini adalah analisa data kuantitatif yang disajikan secara deskriptif beserta analisa SemPLS untuk menjelaskan pengaruh antar variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Wisatawan di Desa Tulungrejo merupakan wisatawan berasal dari Jawa Timur dengan sebaran usia 26-35 tahun yang berpendidikan SMA/SMK dengan Tingkat pemahaman/literasi informasi pada kategori sedang. Pada aspek penggunaan media komunikasi, wisatawan memberikan penilaian kategori sedang (52,12%) pada media cetak, kategori sedang (63,82%) pada media interpersonal, dan kategori sedang (45,74%) pada media sosial. 2) Pengembangan wisata di Desa Tulungrejo mendapatkan penialian sedang (43%) untuk objek daya tarik wisata, kategori sedang (53%) untuk sarana wisata, kategori sedang (46%) untuk prasarana wisata, kategori sedang (41%) untuk tata kelola wisata, dan kategori sedang (63%) pada aspek masyarakat, 3) Wisatawan menilai objek wisata telah sesuai dengan harapan sehingga bersedia kembali dan merekomendasikan kepada orang lain terutama karena kualitas pelayanan dan produk dari Desa Wisata Tulungrejo, 4) Karakteristik wisatawan dan penggunaan media komunikasi berpengaruh signifikan terhadap persepsi wisatawan dan kepuasan wisatawan, 5) Persepsi wisatawan berpengaruh signifikan dalam me-mediasi penggunaan media komunikasi terhadap kepuasan wisatawan, dan 6) Model Agro-eduwisata dalam mendukung pengembangan Desa Wisata Tulungrejo direkomendasikan untuk memaksimalkan penggunaan media komunikasi baik media cetak, komunikasi interpersonal, dan media sosial sebagai sarana mempertahankan dan meningkatkan kepuasan wisatawan.
English Abstract
The development of rural areas into tourist areas is a hot issue that is being discussed. The presence of rural tourism is considered capable of driving the economy of communities around rural areas because the development of the tourism sector goes hand in hand with the development of other sectors in the village. Nowadays, awareness is starting to emerge that developing tourist villages does not only focus on internal villages, but must also take into account the expectations of tourist visitors. The Tulungrejo Tourism Village has been running for the last decade with the support of the Village Law. However, development often only focuses on the village itself without paying attention to the expectations of visitors. Various kinds of problems were found, such as the lack of optimal development of the tourist village, especially in terms of its characteristics for visitors, the lack of dissemination of information regarding reviews of the Tulungrejo Tourism Village, along with development that only focused on the internal village without paying attention to the knowledge and expectations of tourists. The goal of this research is to find an agro-edutourism model based on visitor perceptions to support the development of the Tulungrejo Tourism Village. This research uses a quantitative approach with a survey design. The analysis in this research is quantitative data analysis presented descriptively along with SemPLS analysis to explain the influence between variables. The results of this research show 1) Tourists in Tulungrejo Village are tourists from East Java with an age range of 26-35 years who have a high school/vocational school education with a level of understanding/information literacy in the medium category. In the aspect of using communication media, tourists gave a medium category rating (52.12%) to print media, a medium category (63.82%) to interpersonal media, and a medium category (45.74%) to social media. 2) Tourism development in Tulungrejo Village received a medium rating (43%) for tourist attractions, medium category (53%) for tourist facilities, medium category (46%) for tourist infrastructure, medium category (41%) for tourism management , and the medium category (63%) in the community aspect, 3) Tourists assess that the tourist attraction meets their expectations so they are willing to return and recommend it to others, especially because of the quality of services and products from the Tulungrejo Tourism Village, 4) Tourist characteristics and the use of communication media have an influence significant impact on tourist perceptions and tourist satisfaction, 5) Tourist perceptions have a significant influence in mediating the use of communication media on tourist satisfaction, and 6) The Agro-edutourism model in supporting the development of the Tulungrejo Tourism Village is recommended to maximize the use of communication media, both print media and interpersonal communication, and social media as a means of maintaining and increasing tourist satisfaction.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042404 |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 06:26 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 06:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227955 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Pravasta Wahyu Satriawan.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |