Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Melalui Metode Show and Tell Bagi Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 8 Malang.

Wulandari, Jeany Arnanita and Dr. Warsiman, M.Pd (2024) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Melalui Metode Show and Tell Bagi Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 8 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemampuan menulis menjadi salah satu kemampuan berbahasa. Namun di dalam pembelajaran, kemampuan menulis siswa dapat dikatakan kurang. Kurangnya kemampuan menulis bisa disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya rendahnya kreativitas dalam pembelajaran bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti metode klasi yang masih digunakan oleh guru, kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar dan mengajar, serta evaluasi guru yang masih kurang tepat. Kelas X-2 menjadi subjek penelitian dalam kegiatan menulis teks anekdot. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Sebelum dilakukan penelitian, pada studi pendahuluan dapat diketahui bahwa hanya 7 siswa atau 20% dari jumlah siswa yang tuntas dalam kegiatan menulis teks anekdot. Ketika metode show and tell diterapkan, maka jumlah ketuntasan semakin bertambah yaitu dari siklus I menjadi 33% dan dilanjutkan pada siklus II sebesar 80.5%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penggunaan metode show and tell dapat dikatakan berhasil. Penggunaan metode ini dapat menjadi strategi baru dalam menulis teks anekdot dan inovasi supaya pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi lebih menarik.

English Abstract

Writing ability is one of the language skills. However, in learning, students' writing skills can be said to be lacking. Lack of writing skills can be caused by several factors, one of which is low creativity in learning, which can be caused by several factors such as classroom methods that are still used by teachers, lack of use of learning media in learning and teaching activities, and teacher evaluations that are still inaccurate. Class X-2 was the subject of research in the activity of writing anecdote texts. This research uses classroom action research methods. The research was carried out in 2 cycles. Before the research was carried out, in the preliminary study it was known that only 7 students or 20% of the total number of students had completed the anecdote text writing activity. When the show and tell method was applied, the number of completions increased, namely from cycle I to 33% and continued in cycle II at 80.5%. Based on the research that has been carried out, the use of the show and tell method can be said to be successful. Using this method can be a new strategy in writing anecdotal and innovative texts so that learning Indonesian becomes more interesting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: menulis, teks anekdot, siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:16
Last Modified: 31 Oct 2024 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227857
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jeany Arnanita Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item