Hidayat, M Abdullah Daffa and : Ir. SatrioHadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. (2024) utaut, user acceptance, brone, pls-sem, smartpls, e-learning. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Literasi digital adalah keterampilan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk yang berasal dari berbagai sumber digital yang luas, dan mengaksesnya melalui perangkat komputer secara efektif dan efisien. Kemampuan yang dimiliki masing-masing siswa menjadi sangat penting di tengah arus informasi yang semakin berkembang. Dengan literasi digital, seseorang dapat memahami tidak hanya substansi informasi yang ditemukan, tetapi juga mampu mengelola, mengevaluasi, dan menyampaikan informasi tersebut dengan bijak. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perspektif siswa dalam tingkat literasi digital serta penerapannya di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat literasi pemahaman literasi digital siswa SMK Negeri 4 Malang pada tingkat literasi digital dalam tingkat literasi digital dalam tingkat literasi digital dalam aspek pencarian sumber dan evaluasi sumber, dan mengetahui perspektif siswa terhadap penerapan literasi digital di sekolah. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara dan dokumentasi kepada 5 orang narasumber di SMK Negeri 4 Malang. Hasil penelitian ini menghasilkan temuan yang menampilkan tingkat literasi digital beberapa siswa dianggap sudah mencapai tingkat baik pada tingkat literasi digital dalam aspek pencarian informasi serta evaluasi sumber. Keseluruhan dari siswa mampu mendefinisikan kedua aspek, meskipun sebagian siswa dianggap belum mampu memaparkan dengan lengkap dari definisi tersebut layaknya beberapa siswa yang lainnya. Semua siswa sepakat terhadap pentingnya kemampuan literasi digital pada kegiatan pembelajaran di sekolah..
English Abstract
Digital literacy is the ability to understand and apply information in various digital sources and is a key skill in today's digital era. With digital literacy, a person can understand not only the substance of the information found, but also be able to manage, evaluate and convey the information wisely. This study was conducted to find out students' perspectives on the level of digital literacy and its application in the school environment. The purpose of this study is to determine the literacy level of digital literacy understanding of students of SMK Negeri 4 Malang in the aspects of source finding and source evaluation, and to find out students' perspectives on the application of digital literacy. This research applied descriptive qualitative research methods. Data collection was carried out through interviews and documentation to 5 resource persons at SMK Negeri 4 Malang. The results of this study produce findings that show the level of digital literacy of some students is considered to have reached a good level in the aspects of information seeking and source evaluation. All of the students were able to define both aspects, although some students were considered unable to fully explain the definition like some other students
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052415 |
Uncontrolled Keywords: | Aspek, Digital, Evaluasi, Informasi, Literasi, Pencarian, Sumber, Siswa, SMK -Aspects, Digital, Evaluation, Information, Literacy, Search, , Source, Students, Schools, Vocational |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:14 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227849 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
M Abdullah Daffa Hidayat.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |