Ananlisis Penerimaan Pengguna Learning Management System (Lms) Brone Di Universitas Brawijaya Berdasarkan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Oftechnology(Utaut)

Intan Sartika Eris Maghfiroh and Mochamad Chandra Saputra (2024) Ananlisis Penerimaan Pengguna Learning Management System (Lms) Brone Di Universitas Brawijaya Berdasarkan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Oftechnology(Utaut). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam era perkembangan teknologi informasi, metode baru dalam pembelajaran telah muncul, memberikan perspektif berbeda terhadap konsep pendidikan. Universitas Brawijaya merespon dengan menerapkan LMS bernama BRONE, platform berbasis Moodle yang menyediakan layanan pembelajaran daring. Meskipun telah diterapkan secara luas, pengguna masih mengeluhkan beberapa masalah seperti harus login berkali-kali, pengingat tenggat waktu tugas yang tidak konsisten, dan tampilan yang tidak efisien. Keberhasilan adopsi e�learning bergantung pada pemahaman bagaimana pengguna menerima teknologi dan bagaimana teknologi tersebut memengaruhi setiap aspek pembelajaran dan pendidikan. Populasi ditetapkan sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya S1 dan Diploma yang pernah menggunakan LMS BRONE dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang diaplikasikan yaitu kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dengan teknik purposive sampling kepada mahasiswa Universitas Brawijaya dan berhasil mendapatkan 194 responden. Penelitian ini menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap LMS BRONE di Universitas Brawijaya. Hasil analisis data menggunakan PLS-SEM dengan alat bantu SmartPLS menunjukkan bahwa lima hipotesis diterima. Dari analisis jalur, dapat disimpulkan bahwa Performance Expectancy, Effort Expectancy, dan Social Influence memiliki pengaruh signifikan terhadap Behavioral Intention, sementara Facilitating Conditions tidak berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Intention, tetapi berpengaruh signifikan terhadap Use Behavior. Behavioral Intention juga berpengaruh signifikan terhadap Use Behavior. Hasil penelitian ini mendukung teori UTAUT dan memberikan wawasan penting tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan LMS BRONE di Universitas Brawijaya. Secara keseluruhan, penerimaan pengguna terhadap LMS BRONE di Universitas Brawijaya dapat dikategorikan positif. LMS BRONE memudahkan aksesibilitas materi, pengumpulan tugas, dan membantu dalam manajemen waktu. Namun, diperlukan perbaikan dalam konsistensi penggunaan oleh dosen dan optimalisasi fitur untuk perangkat mobile. Upaya sosialisasi dan pelatihan penggunaan LMS BRONE juga diperlukan agar adopsi sistem ini lebih optimal di kalangan pengguna.

English Abstract

In the era of information technology development, new methods of learning have emerged, providing different perspectives on the concept of education. Universitas Brawijaya responded by implementing an LMS called BRONE, a Moodle-based platform that offers online learning services. Despite its widespread implementation, users still complain about several issues such as having to log in multiple times, inconsistent task deadline reminders, and an inefficient interface. The success of e-learning adoption depends on understanding how users accept the technology and how it affects every aspect of learning and education. The population was defined as undergraduate and diploma students at Universitas Brawijaya who have used the LMS BRONE in their learning process. The research method applied was quantitative, with data collected through a questionnaire distributed using purposive sampling technique to Universitas Brawijaya students, resulting in 194 respondents. This study utilized the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model to explore the factors influencing user acceptance of the LMS BRONE at Universitas Brawijaya. The data analysis results, using PLS-SEM with the help of SmartPLS, showed that five hypotheses were accepted. From the path analysis, it can be concluded that Performance Expectancy, Effort Expectancy, and Social Influence significantly affect Behavioral Intention, while Facilitating Conditions do not significantly affect Behavioral Intention but significantly affect Use Behavior. Behavioral Intention also significantly affects Use Behavior. The results of this study support the UTAUT theory and provide important insights into the factors influencing the acceptance and use of the LMS BRONE at Universitas Brawijaya. Overall, user acceptance of the LMS BRONE at Universitas Brawijaya can be categorized as positive. The LMS BRONE facilitates accessibility to materials, assignment submission, and helps in time management. However, improvements are needed in the consistency of use by lecturers and optimization of features for mobile devices. Efforts in socialization and training on the use of the LMS BRONE are also needed to ensure more optimal system adoption among users

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: utaut, penerimaan pengguna, brone, pls-sem, smartpls, e-learning -utaut, user acceptance, brone, pls-sem, smartpls, e-learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:14
Last Modified: 31 Oct 2024 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227837
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lintang Trisnadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item