Rasyid, Maulana and Dr. Moh. Hasbullah Isnaini, M.Pd., (2024) Eflstudents’viewsonthe Use Ofquizizz. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hal yang membuat pembelajaran di dalam kelas menjadi membosankan disebabkan oleh cara kegiatan belajar-mengajar yang monoton dan tidak menggunakan media pembelajaran. Di era digital saat ini menuntut para pengajar untuk dapat menerapkan pembelajaran berbasis digital juga dengan menggunakan media interaktif saat mengajar di kelas. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah Quizizz. Aplikasi ini menyerupai pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan sehingga siswa antusias untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran interaktif Quizizz di SMPN 15 Malang dapat menerapkan pembelajaran yang seru dan menyenangkan bagi guru dan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dilaksanakan di SMPN 15 Malang dimana di sekolah ini peneliti bertindak sebagai guru praktikan menemukan bahwa peserta didik masih minim dalam menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah media berbasis aplikasi (Quizizz). Tahapan pelaksanaan kegiatan adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan ini dilakukan dengan melakukan interview pada peserta didik di SMPN 15 Malang. Pelaksanaan yang dilakukan adalah menyampaikan materi pembelajaran dan praktik dengan menggunakan media berbasis Quizizz. Sedangkan evaluasinya adalah para peserta memberikan masukan terhadap kegiatan pembelajaran ini. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini menunjukkan bahwa para peserta kegiatan pembelajaran ini tidak begitu tertarik atau termotivasi dalam pembelajaran dengan menggunakan Quizizz sebagai media pembelajaran. Quizizz tidak selalu memberikan pengaruh yang positif untuk mempengaruhi siswa dalam belajar. Kesimpulannya, penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran di kelas EFL tak selalu memudahkan siswa dan membuat mereka kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Selain itu, bagi guru sebagai fasilitator pembelajaran, perlu mengembangkan media pembelajaran berbasis digital secara lebih mendalam supaya pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar
English Abstract
The thing that makes learning in the classroom is boring caused by the way of teaching-learning activity that is monotonous and does not use attractive learning media. In today digital era requires teachers that able to implement digital-based learning also by using interactive media while teaching in the classroom. One application that can be used in learning is Quizizz. This application resembles learning that is packaged in the form of games so that students are enthusiast to participate in learning. This study aims to investigate an interactive learning media Quizizz for Junior High School 15 Malang does able for teachers and students implement fun and enjoyable learning. The method that used in thisresearch is case study. Carried out at the SMPN 15 Malang where at this school the researcher acts as pre-service teacher found that the learners were still minimal in using computer-assisted learning media. The learning media developed is application-based media (Quizizz application). The stages of implementing activities are planning, implementation and evaluation. This planning was carried out by interviewing the students in SMPN 15 Malang. The implementation carried out is to deliver the materials of learning and practices by using Quizizz-based media. While the evaluation is the participants giving feedback for learning activity. The results achieved in this activity shown that the participants of this study are not commonly attracted or motivated in learning using Quizizz as a media of the learning process. Quizizz is not always give positive vibe to influence student in learning. In conclusion, the use of Quizizz as a learning media in EFL classroom is not able to motivate EFL students also some factors of difficulties cause damage in engaging with the learning material. Therefore, for the teacher as a facilitator of learning, keep have to develop digital-based learning media deeper in order to make fun-learning more enjoyable and excited for EFL learners.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Uncontrolled Keywords: | EFL Students, Gamification Learning, Quizizz, Students’ Perspective-Siswa EFL, Pembelajaran Gamifikasi, Quizizz, Perspektif siswa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 06:33 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 06:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227828 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Maulana Rasyid.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |