Pengaruh Metode Distance Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas IX.

Saputri, Erni Nur and Vanda Hardinata, S.Pd., M.Pd. (2024) Pengaruh Metode Distance Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas IX. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Maret tahun 2020 kehadiran virus Covid-19 di Indonesia mampu mengubah metode pembelajaran yang terbiasa tatap muka, menjadi pembelajaran jarak jauh (distance learning). Penerapan metode distance learning akan berdampak pada keberhasilan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan pembelajarannya pada mayoritas siswa kelas IX memiliki kendala. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode distance learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas IX. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada kurang lebih 30 siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas IX SMP Diponegoro Batu. Penelitian ini mengungkapkan hasil sebagai berikut, (1) hasil analisa persentase penggunaan metode distance learning sebesar 45,92%, (2) penghitungan hasil belajar siswa pada rapor menghasilkan 78% untuk nilai pengetahuan dan 80% untuk nilai keterampilan, (3) hasil penghitungan korelasi product moment menunjukkan nilai -0,144 untuk nilai pengetahuan dan 0,094 untuk nilai keterampilan. Nilai tersebut lebih kecil dari pada nilai taraf signifikansi 1% = 0,526 dan taraf signifikansi 5% = 0,413. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada pengaruh metode distance learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Diponegoro Batu kelas IX.

English Abstract

In March 2020, the presence of the Covid-19 virus in Indonesia was able to change learning methods that were accustomed to face, to distance learning. The application of the distance learning method will have an impact on student learning success. This can be seen from the implementation of learning where majority of class IX students have problems. The research was conducted using a quantitative type of research using questionnaire instruments, observation guidelines and interview guidelines. The aim of this research is to determine whether or not there is an influence of using the distance learning method on student learning outcomes in Indonesian language subjects for class IX students. Research data was obtained from questionnaires distributed to approximately 30 students. The subjects in this research were class IX students at Diponegoro Batu Middle School. This research revealed the following results, (1) the results of the percentage analysis using the distance learning method were 45,92%, (2) the calculation of student learning outcomes on report cards produced 78% for knowledge scores and 80% for skills scores, (3) calculation results the product moment correlation shows a value of -0,144 for the knowledge value and 0,094 for the skills value. This value is smaller than the 1% significance level 0,526 and the 5% significance level 0,413. This research concludes that there is no influence of the distance learning method on student learning outcomes in Indonesian language subjects at Diponegoro Batu Middle School class IX.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: distance learning, pengaruh, hasil belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 31 Oct 2024 06:32
Last Modified: 31 Oct 2024 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227799
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Erni Nur Saputri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item