Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Gen Estetika Berbantuan Media Canva Dan Tiktok Siswa SMPN 1 Wates Kediri

Anandaputri, Siti Zahra Andriyani and Vanda Hardinata, S.Pd., M.A (2024) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Gen Estetika Berbantuan Media Canva Dan Tiktok Siswa SMPN 1 Wates Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi pembelajaran Gen Estetika yang didukung oleh media TikTok dan Canva dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan menulis puisi siswa kelas 8E di SMPN 1 WATES KEDIRI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 E dengan jumlah 35 siswa yang berdasarkan observasi awal memiliki keterampilan menulis puisi cenderung rendah. Sementara untuk metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tndakan Kelas atau PTK dengan siklus spriral yang terdiri atas perencanaan, Pelaksanaan,Pengamatan dan Refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang mencakup perencanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis puisi siswa dari pra-siklus hingga siklus II. Skor rata-rata siswa meningkat secara bertahap dari 59,8 pada pra-siklus, menjadi 80,4 pada siklus I, dan mencapai 86,4 pada siklus II. Aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan yang konsisten, dengan skor tertinggi mencapai 90 pada beberapa pertemuan siklus. Meskipun demikian, fluktuasi aktivitas siswa terjadi, yang sebagian disebabkan oleh keterbatasan waktu di sesi jam ketiga setiap siklus. Evaluasi terhadap aktivitas guru dalam menerapkan strategi Gen Estetika menunjukkan peningkatan yang signifikan dari siklus ke siklus, dengan skor tertinggi mencapai 93,3. Skor penilaian menulis puisi siswa dan aktivitas siswa menunjukkan grafik yang meningkat dari pertemuan ke pertemuan, menegaskan efektivitas pendekatan ini dalam konteks pembelajaran puisi di sekolah.

English Abstract

This study aims to determine the effectiveness of applying the Aesthetic Gene learning strategy supported by TikTok and Canva media in improving the understanding and skills of writing poetry of 8E grade students at SMPN 1 WATES KEDIRI. The subjects of this study were 8th grade E students with a total of 35 students who based on initial observations had low poetry writing skills. Meanwhile, the method used is the Classroom Action Research method or PTK with a spiral cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. The research was conducted in two cycles which included planning, observation, evaluation, and reflection. The results showed a significant improvement in students' poetry writing ability from pre-cycle to cycle II. Students' average score increased gradually from 59.8 in pre-cycle, to 80.4 in cycle I, and reached 86.4 in cycle II. Student activity also showed consistent improvement, with the highest score reaching 90 in some cycle meetings. Nonetheless, fluctuations in student activity occurred, which was partly due to time constraints in the third hour session of each cycle. The evaluation of teachers' activities in applying the Gen Aesthetic strategy showed significant improvement from cycle to cycle, with the highest score reaching 93.3. The assessment scores of students' poetry writing and students' activities showed an increasing graph from meeting to meeting, confirming

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: Gen Estetika, Strategi Pembelajaran, Menulis Puisi-Aesthetic Genes, Learning Strategies, Writing Poetry
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 31 Oct 2024 06:30
Last Modified: 31 Oct 2024 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227777
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Siti Zahra Andriyani Anandaputri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item