Naibaho, Aurora Stevani and Dr. Trisna Andarwulan, S.S., M.Pd. (2024) Implementasi Pembelajaran Teks Persuasi Dengan Media Poster Digital Pada Siswa Kelas XI-8 SMA Negeri 6 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Teks persuasi bertujuan untuk memengaruhi dan meyakinkan pembaca terhadap pesan yang disampaikan penulis, serta diajarkan pada siswa kelas XI sekolah menengah. Penggunaan pendekatan multimodal dalam pembelajaran teks persuasi, seperti menggunakan media poster digital dengan Canva, dapat membantu siswa lebih aktif dan memahami materi dengan lebih baik karena siswa akan berinteraksi secara langsung dengan teks persuasi berbentuk poster. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran teks persuasi dengan media poster digital pada siswa kelas XI-8 SMAN 6 malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan data penelitian yaitu deskripsi dari proses pembelajaran teks persuasi dengan pendekatan multimodal berbasis poster. Sumber data penelitian ini adalah dari siswa kelas XI-8 SMAN 6 Malang selaku subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, serta kuesioner. Hasil penelitian yang didapati pembelajaran teks persuasi dengan pendekatan multimodal berbasis poster pada kelas XI-8 SMA Negeri 6 Malang dapat dikatakan berjalan dengan baik, bukan hanya karena minimnya kendala yang terjadi selama proses pembelajaran namun dapat dilihat melalui respon positif yang diberikan siswa terkait proses pembelajaran yang telah dilakukan. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan nilai hasil poster persuasi siswa yang mendapat nilai diatas kriteria ketuntasan minimun yaitu diatas nilai 70 dengan 6 kriteria penilaian.
English Abstract
Persuasion text aims to influence and convince readers of the message conveyed by the author, and is taught to students in grade XI of secondary school. The use of multimodal approach in learning persuasive text, such as using digital poster media with Canva, can help students be more active and understand the material better because students will interact directly with persuasive text in the form of posters. This research was conducted to describe the implementation of persuasive text learning with digital poster media for students of class XI-8 SMAN 6 Malang. This research is a descriptive qualitative research with research data that is a description of the learning process of persuasive text with a poster-based multimodal approach. The data source of this research is from students of class XI-8 SMAN 6 Malang as the research subject. The data collection techniques used were observation, interview, and questionnaire. The results of the research found that persuasive text learning with a poster-based multimodal approach in class XI-8 SMA Negeri 6 Malang can be said to be going well, not only because of the lack of obstacles that occur during the learning process but can be seen through the positive responses given by students regarding the learning process that has been carried out. This can also be proven by the value of the results of students' persuasion posters that score above the minimum completeness criteria, namely above the value of 70 with 6 assessment criteria.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524120181 |
Uncontrolled Keywords: | Poster, SMA, Studi Kasus, Teks Persuasi-Posters, High School, Case Study, Persuasive Texts |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 08:49 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 08:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227767 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aurora Stevani Naibaho.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |