Hidayah, Imatul and Prof. Dr. Ir. A. Wahib Muhaimin.,, MS and Dr. Riyanti Isaskar, SP., M.Si (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengalaman Pengunjung terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Agrowisata Belimbing Bojonegoro. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Objek wisata merupakan suatu tempat bagi setiap pengunjung, dimana setiap objek wisata memiliki sumber daya alami atau buatan, contohnya kebun Binatang, pegunungan, kebudayaan khas dan lainnya. Kesadaran akan pentingnya berwisata mulai dirasakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rasa puas yang dimiliki oleh manusia. Baik itu puas dalam indra penglihatan ketika melihat suatu objek yang indah ataupun perasaan senang yang timbul pada saat melakukan perjalanan wisata. Sebagai wisatawan tentunya menginginkan perjalanan wisata yang mampu memberikan kepuasan terhadap harapan atau imajinasi yang dibawa. Kemudian dikatakan bahwa perlunya menjaga kualitas atribut wisata pada suatu destinasi sangat penting dalam meningkatkan kepuasan pengunjung. Selain atribut pariwisata dan kualitas pelayanan, pengalaman pengunjung merupakan salah satu faktor penting dalam industri pariwisata. Pengalaman berwisata yang tak terlupakan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi mengunjungi Kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh kualitas pelayanan dan pengalaman pengunjung terhadap kepuasan berkunjung di agrowisata belimbing Bojonegoro, (2) pengaruh kualitas pelayanan dan pengalaman pengunjung terhadap minat berkunjung kembali di agrowisata Belimbing Bojonegoro, (3) pengaruh kepuasan pengunjung terhadap minat berkunjung kembali di agrowisata Belimbing Bojonegoro, (4) pengaruh kualitas pelayanan dan Pengalaman Pengunjung terhadap Minat berkunjung Kembali melalui Kepuasan di agrowisata kebun Belimbing Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanatori kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan dan pengalaman pengunjung berpengaruh langsung terhadap kepuasan berkunjung di agrowisata Belimbing Bojonegoro. Namun nilai pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan merupakan nilai terendah dalam penelitian ini yaitu 0,31. (2) Kualitas pelayanan dan pengalaman pengunjung tidak berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali di agrowisata Belimbing Bojonegoro. (3) Kepuasan pengunjung berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali di agrowisata kebun Belimbing Bojonegoro dengan nilai pengaruh terbesar yaitu 0,76. (4) Kualitas pelayanan dan pengalaman pengunjung berkunjung berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali di agrowisata Belimbing Bojonegoro. Variabel kepuasan mampu menjadi mediasi dalam penelitian ini
English Abstract
A tourist attraction is a place for every visitor, where each tourist attraction has natural or artificial resources, for example zoos, mountains, distinctive cultures and others. Awareness of the importance of travelling began to be felt by the community to meet the needs of the sense of satisfaction prossessed by humans. Whether it is satisfied in the sense of sight when seeing a beautiful object or the feeling of pleasure that arises when traveling. As a tourist, of course, you want a tour that is said that the need to maintain the quality of tourist attributes in a destination is very important in increasing visitor satisfaction. In addition to tourism attributes and service quality, visitor experience is one of the important factors in the tourism industry. An unforgettable travel experience has a positive and significant influence on the intention to revisit. This study aims to analyze: (1) the effect of service quality and visitor experience on visiting satisfaction in Bojonegoro starfruit agrotourism, (2) the effect of service quality and visitor experience on return visit interest in Bojonegoro starfruit agrotourism, (3) the effect of visitor satisfaction on return visit interest in Bojonegoro starfruit agrotourism, (4) the effect of service quality and visitor experience on return visit interest through satisfaction in Bojonegoro starfruit garden agrotourism. This study uses quantitative explanatory research methods. The data collection technique used a questionnaire. Data analysis techniques using SEM-PLS. The results showed that : (1) service quality and visitor experience have a direct effect on visiting satisfaction at Starfruit Bojonegoro Agrotourism. However, the value of the effect of service quality on satisfaction is the lowest value in this study, namely 0.31. (2) service quality and visitor experience have no effect on interest in visiting again at Starfruit Bojonegoro Agrotourism. (3) visitor satisfaction affect the interest in visiting again in the Bojonegoro starfruit garden agrotourism with the largest in visiting again in the Bojonegoro starfruit garden agrotourism with the largest influence value of 0.76. (4) service quality and visitor experience affect the interest in visiting again a Starfruit Bojonegoro agrotourism. The satisfaction variable is able to mediate in this study.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042404 |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 02:54 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 02:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227715 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Imatul Hidayah.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |