Implementasi Aplikasi Quiz Whizzer Dalam Pembelajaran Menafsir Pandangan Pengarang Terhadap Kehidupan Dalam Novel Di SMAN 1 Kepanjen

Fitriani, Andin Anindya and Maulfi Syaiful Rizal, S.Pd., M.Pd. (2024) Implementasi Aplikasi Quiz Whizzer Dalam Pembelajaran Menafsir Pandangan Pengarang Terhadap Kehidupan Dalam Novel Di SMAN 1 Kepanjen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media pembelajaran menjadikan suasana pembelajaran menjadi tidak monoton dan lebih menarik. Salah satunya adalah penerapan media pembelajaran berbasis digital. Salah satu dari beberapa media pembelajaran yang memiliki akses mudah dan menyenangkan digunakan dalam pembelajaran adalah Aplikasi Quiz Whizzer. Pembelajaran berbantuan media pembelajaran berbasis permainan edukasi berupa aplikasi Quiz Whizzer belum pernah diterapkan sebelumnya di SMA Negeri 1 kepanjen. Sehingga penelitian tentang implementasi aplikasi Quiz Whizzer dalam konteks pembelajaran menjadi penting karena berbagai alasan yang sangat relevan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan penyebaran angket kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa pada pengimplementasian aplikasi Quiz Whizzer ini guru melakukan beberapa aktivitas yang mendukung penggunaan aplikasi in sehingga mendapat respon positif dari siswa. Penggunaan aplikasi Quiz Whizzer pada pembelajatran mendapat antusias tinggi dari siswa, karena dianggap meningkatkan minat belajar siswa, meningkatkan pemahaman siswa, serta membuat suasana belajar menjadi menyenangkan sehingga meningkatkan nilai pengetahuan siswa terhadap materi yang sedang dipelajari.

English Abstract

Learning media makes the learning atmosphere less monotonous and more attractive. One of them is the application of digital-based learning media. One of the few learning media that has easy access and fun to use in learning is the Quiz Whizzer Application. Learning supported learning media based on educational permainans is a Quiz whizzer application that has never been implemented before in the State High School. So research on the implementation of the Whizzer Quiz application in the context of learning becomes important for a variety of very relevant reasons. The method used in this research is qualitative descriptive with data collection techniques such as observation and distribution of angket to students. The purpose of this research is to find out that on the implementation of this Quiz Whizzer application the teacher performs several activities that support the use of the application in so getting a positive response from the students. The use of the Quiz Whizzer app on the student has been highly enthusiastic of the students, as it is believed to enhance the interest of students in learning, improve student understanding, and make the learning atmosphere a pleasant one that increases the value of students' knowledge of the materials being studied.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120159
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pembelajaran, Quiz Whizzer-Learning, Learning media, Quiz Whizzer
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 30 Oct 2024 07:22
Last Modified: 30 Oct 2024 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227640
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Andin Anindya Fitriani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item