The Teaching Of Writing Using Canva And Instagram In Vocational High School

Septiarini, Dita Herliana (2024) The Teaching Of Writing Using Canva And Instagram In Vocational High School. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan teknologi telah menyebabkan pertumbuhan besar dalam bidang media pembelajaran, yang menawarkan berbagai alat dan sumber daya untuk meningkatkan proses pendidikan. Terutama penggunaan Canva dan Instagram sebagai media materi menulis di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru dan siswa mengetahui cara memanfaatkan Instagram dan Canva sebagai media pembelajaran kompetensi menulis sehingga guru dan siswa dapat menggunakan berbagai media modern khususnya Canva dan Instagram dengan lebih efektif. Juga untuk dapat mengetahui bagaimana hal ini dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini fokus pada pengalaman peneliti sebagai guru Prajabatan dalam menggunakan Canva dan Instagram untuk materi kepenulisan dengan subjek siswa kelas XI SMK Putra Indonesia Malang yang terdiri dari 2 kelas jurusan Farmasi Industri dan jurusan Kimia Industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dan penelitian ini menggunakan observasi dari catatan lapangan dan mengadaptasi wawancara untuk mengumpulkan data dengan empat siswa di SMK Putra Indonesia Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Canva dan Instagram dapat digunakan sebagai media materi menulis di kelas, juga membahas tentang bagaimana hal ini mempengaruhi motivasi siswa dalam menulis yang menyebabkan siswa menjadi lebih termotivasi dalam menggunakan Canva dan Instagram serta bagaimana hal tersebut dapat memicu kreativitas mereka dalam menulis. Penelitian ini juga menunjukkan manfaat dan tantangan yang dihadapi siswa saat menggunakan Canva dan Instagram sebagai media menulis.

English Abstract

This study aims to help teachers and students to know how to use Instagram and Canva as learning media for writing competence so that teachers and students can use a variety of modern media, especially Canva and Instagram more effectively. Also to know how it can impact the students learning motivation. This research was focus on the researcher's experience as a Pre-service teacher in using Canva and Instagram for writing purposes with the subject of eleventh-grade students of Putra Indonesia Malang Vocational High School consisting of 2 classes of Industrial Pharmacy major and Industrial Chemistry major. This study used a qualitative case study approach and the research used observation from field notes and adapted an interview to collect the data with four students at Putra Indonesia Malang Vocational High School. The results of this study indicate that Canva and Instagram can be used as media for writing material in the classroom it also talked about how this affects students' writing motivation which causes students to become more motivated in using Canva and Instagram and how it can trigger their creativity in writing. This study additionally shows the benefits and challenges that students face while using Canva and Instagram as writing media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:51
Last Modified: 29 Oct 2024 07:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227610
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dita Herliana Septiarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item