A Study on Academic Writing Strategy Used by Students in Universitas Brawijaya

Hasanah, Francezka Iswatun and Dian Inayati, S.Pd, M.Ed, (2024) A Study on Academic Writing Strategy Used by Students in Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menulis sering dianggap sebagai keterampilan yang menantang untuk dikuasai oleh mahasiswa, khususnya bagi pembelajar EFL. Sebagai suatu keterampilan yang tergolong kompleks dan menantang, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat untuk membantu peserta didik meningkatkan keterampilan menulisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi strategi menulis yang digunakan oleh mahasiswa, dan perbedaan strategi yang digunakan antara mahasiswa berprestasi tinggi dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam strategi menulis yang digunakan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya dalam mata kuliah Academic Writing. Data diperoleh dari wawancara online dan menggunakan pedoman wawancara sebagai instrumen. Dua mahasiswa berprestasi tinggi dan dua mahasiswa berprestasi rendah berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan lebih dari satu strategi; pada tahap pra-penulisan, mereka terlibat dalam perencanaan waktu, persiapan mental, pemodelan ahli, referensi, dan pembuatan kerangka. Pada tahap menulis, siswa melakukan penyederhanaan kalimat, pemeriksaan tata bahasa, peningkatan kosa kata, penggunaan sinonim, referensi kamus, dan koordinasi teman sejawat. Pada tahap pasca-menulis, siswa melakukan revisi, mencocokkan instruksi, jeda, penyusunan, dan penghargaan diri. Dalam penelitian ini juga terlihat bahwa mahasiswa yang berprestasi tinggi lebih banyak menggunakan strategi menulis dibandingkan mahasiswa yang berprestasi rendah. Penelitian ini hanya mendeskripsikan strategi yang digunakan mahasiswa, disarankan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian terkait strategi menulis dan hubungannya dengan prestasi belajar mahasiswa.

English Abstract

Writing is often considered as a challenging skill to be mastered by the learners, especially for EFL learners. As a skill which is considered as a complex and challenging one, appropriate learning strategies are needed to help learners improve their writing skills. The aim of this research was to explore about writing strategies used by the students, and the different strategies used between high and low achiever students. This study used qualitative method, as it aims to explore in depth the writing strategies used by the EFL University students in Academic Writing task. The data was obtained from online interviews and the interview guide was used as instruments. Two high achiever students and two low achiever students participated in this study. The result of this study showed that students use more than one strategy. In the pre-writing stages, they engage in time planning, mental planning, expert modeling, referencing, and outlining. During the writing stage, students used sentence simplification, grammar checks, vocabulary enhancement, synonym usage, dictionary reference, and peer coordination. At the post-writing stage, students execute revision, match instructions, respiting, collation, and self- rewarding. In this research it can also be seen that high achiever students use writing strategies more than low achiever students. This research only describes the strategies used by students, It is recommended that further research can carry out research related to writing strategies and their relationship to student's achievement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: Menulis Akademik, Strategi Penulisan-Academic Writing, Writing Strategy
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:51
Last Modified: 29 Oct 2024 07:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227609
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Francezka Iswatun Hasanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item