Manurung, Gabriella Anggieta Hartina and Anandya Asprillia, S.S., M.A., (2024) A Multimodal Discourse Analysis of 'F*ck My Life' Music Video Song by Seventeen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
K-pop merupakan hal yang tidak asing lagi bagi para penikmat musik. Para idol K-pop dalam merilis albumnya seringkali pada judul utama albumnya dirilis video musik yang menjadi pelengkap dari lagu tersebut. Selain digunakan sebagai pelengkap lagu, video musik juga sering digunakan sebagai media untuk memvisualisasikan dan mengkomunikasikan sebuah pesan dalam lagu. Dalam penelitian ini dibahas video musik “F*ck My Life” dari Seventeen, sebuah self-produced grup K pop. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengkaji bagaimana aspek-aspek semiotika yang terdapat dalam video musik berkorelasi dengan theory komunikasi. Penelitian ini menggunakan multimodalitas sebagai kerangka teori dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan berbagai aspek semiotik, seperti kata-kata, warna, suara, ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan penempatan elemen-elemen dalam video musik. Berbagai aspek tersebut saling melengkapi dan memperkaya pesan yang ingin disampaikan dalam video musik. Melalui video musik “F*ck My Life”, Seventeen menyampaikan pesan tentang perjuangan mengatasi masalah dan semangat menjalani hidup.
English Abstract
K-pop is familiar to music lovers. K-pop idols often release their albums with the album's main title and release music videos that complement the song. Apart from being used as a complement to songs, music videos are often used to visualize and communicate a message in songs. This research discusses the music video “F*ck My Life” from Seventeen, a self-produced K-pop group. This research is conducted to analyze and examine how the semiotic aspects contained in the music video correlate with communication theory. This research uses multimodality as a theoretical framework with a qualitative descriptive method. The results found various semiotic aspects, such as words, colors, sounds, facial expressions, body language, and the placement of elements in the music video. These aspects complement each other and enrich the message conveyed in the music video. Through the music video “F*ck My Life,” Seventeen conveys a message about the struggle to overcome problems and the spirit of living life.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Uncontrolled Keywords: | analisis wacana, multimodalitas, mode teks multimodal, komunikasi-discourse analysis, multimodality, mode of multimodal text, communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:50 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227599 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gabriella Anggieta Hartina Manurung.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |