H, Dian Faiqotul Kholida (2024) Strategies Used By Final-Year EFL Students To Reduce Speaking Anxiety. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kecemasan berbicara didefinisikan sebagai rasa cemas yang dialami oleh pembicara sebelum dan selama berbicara atau presentasi di depan orang lain. Dalam kesehariannya, siswa EFL kurang terbiasa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi antar siswa. Hal ini membuat siswa tidak dapat berkomunikasi dengan baik. Mereka kesulitan untuk mengontrol perasaan cemas, malu, dan kurang percaya diri. Bahkan siswa EFL tingkat akhir pun masih mengalami rasa cemas dan kurang percaya diri. Dalam meningkatkan kemampuan berbicara mereka, pelajar harus menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, dengan mempertimbangkan tantangan yang ada. Jadi, penelitian ini berfokus untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh siswa EFL tingkat akhir untuk mengurangi kecemasan berbicara. Dalam penelitian ini, pendekatan studi kasus kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi secara mendalam strategi berbicara. Peneliti melibatkan dua mahasiswa EFL tingkat akhir sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara tatap muka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pengalaman individu, dengan panduan wawancara yang berfungsi sebagai instrumen. Temuan ini mengungkapkan bahwa para peserta menggunakan strategi seperti persiapan, relaksasi, berpikir positif, mencari teman sebaya, dan pengunduran diri untuk mengatasi kecemasan berbicara. Penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan dan relaksasi adalah strategi yang paling efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kesiapan dalam sesi berbicara. Implikasi dari penelitian ini termasuk memberikan wawasan bagi siswa, dosen, dan peneliti masa depan untuk meningkatkan lingkungan belajar bahasa dan mendukung siswa yang menghadapi kecemasan berbicara. Saran untuk penelitian selanjutnya termasuk mengeksplorasi gejala yang muncul dalam konteks yang lebih besar dan memeriksa strategi untuk membantu siswa yang cemas dalam berbicara bahasa Inggris.
English Abstract
Speaking anxiety is defined as the anxiousness that a speaker experiences before and during a speaking or presentation to others. On a daily basis, EFL students are less familiar to using English as the language of communication among students. This makes students unable to communicate properly. They struggle to control their feelings of anxious, shy, and less confidence. Even final�year EFL students still experience anxious and lack of self-confidence. In improving their speaking skills, learners must utilize appropriate learning strategies, considering the challenges involved. So, this study focuses on exploring the strategies used by Final-year EFL students to reduce speaking anxiety. In this study, a qualitative case study approach was employed to explore in depth the speaking strategies. Researcher conducted two final-year EFL students as participants. The data was gathered through face-to-face interviews to gain a deeper understanding of individual experiences., with the interview guide serving as instrument. The findings reveal that participants utilize strategies such as preparation, relaxation, positive thinking, peer seeking, and resignation to cope with speaking anxiety. The study suggests that preparation and relaxation are the most effective strategies for enhancing confidence and readiness in speaking session. The implications of this research include providing insights for students, lecturers, and future researchers to improve language learning environments and support students facing speaking anxiety. Suggestions for future research include exploring emerging symptoms in a larger context and examining strategies for helping anxious students in speaking english.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Uncontrolled Keywords: | kecemasan berbicara, siswa EFL, studi kasus |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:50 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227584 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dian Faiqotul H K.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |