Frasha, Diah Nutqi Alif (2024) The Correlation between Self-Regulated Motivation and EFL Students’ Speaking Performance in Higher Education. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berbicara merupakan salah satu keterampilan produktif dan merupakan keterampilan menantang yang perlu lebih kita perhatikan. Namun, terbatasnya waktu latihan untuk keterampilan berbicara mereka membuat siswa EFL memiliki lebih sedikit kesempatan untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Oleh karena itu, siswa EFL perlu mencari solusi agar mereka tetap progresif dalam keterampilan berbicaranya. Pengaturan Motivasi Mandiri dapat menjadi salah satu peluang bagi siswa untuk membantu mereka meningkatkan kinerja berbicara mereka. Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki hubungan antara pengaturan motivasi mandiri dan kinerja berbicara siswa EFL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang dikumpulkan dari 100 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya angkatan 2020, 2021, 2022. Kuesioner SMRM-IS EFL digunakan untuk mengumpulkan data terkait tingkat pengaturan motivasi mandiri serta menggunakan nilai akhir mata kuliah Public Speaking sebagai data performa berbicara responden. Microsoft Excel 2019 digunakan untuk mengetahui persentase dan tingkat motivasi pengaturan diri siswa, sedangkan SPSS v29 digunakan untuk mengetahui korelasi antara dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat pengaturan motivasi mandiri yang tinggi dan faktor tertinggi ditunjukkan pada nilai tugas tindakan. Hal ini juga menimbulkan korelasi positif antara dua variabel; pengaturan motivasi mandiri dan Performa Berbicara siswa EFL. Penelitian ini berfokus pada tingkat pengaturan motivasi mandiri siswa dalam melatih keterampilan berbicara. Oleh karena itu, untuk penelitian selanjutnya mungkin dapat melakukan penelitian tambahan mengenai faktor motivasi atau regulasi kepercayaan diri untuk membantu siswa melatih keterampilan berbicara. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya mungkin dapat memperoleh data mendalam tentang tingkat motivasi pengaturan diri siswa dan performa berbicara siswa EFL.
English Abstract
Speaking is one of the productive skills and is a challenging skill that we need to pay more attention to. However, limited time practice for their speaking skill makes EFL students have less exposure to enhancing their speaking skills. Therefore, EFL students need to find a solution in order to keep themselves progressive in their speaking skills. Self-Regulated Motivation could be one of the opportunities for students to help them to enhance their speaking performance. This study is conducted to investigate the relationship between Self-Regulated Motivation and EFL students’ speaking performance. This research utilized quantitative approach with the data collected from 100 students from English Language Education Study Program Universitas Brawijaya in batch 2020, 2021, 2022. SMRM-IS EFL Questionnaire was used to gather the data of Self-Regulated Motivation Level as well as using Public Speaking course final score as the speaking performance data of the respondent. Microsoft Excel 2019 was used to find the percentage and the level of students’ self-regulated motivation, while SPSS v29 was used to find the correlation between two variables. The findings showed that students have high level of motivation and the highest factor was showed in the task value action. It also embarks the positive correlation between two variables; the self�regulated motivation and EFL students’ Speaking Performance. This research focuses on self-regulated motivation level of the students in practicing speaking skill. Therefore, for the future research possibly can conduct additional studies regarding to the motivational factors or regulation of self-beliefs in order to help students practicing speaking skills. Moreover, the future research might Hence, the future research possible to gain in-depth data about the level of students’ self-regulated motivation and EFL Students’ Speaking Performance.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Uncontrolled Keywords: | Pengaturan motivasi, Pengaturan Belajar Mandiri, Siswa EFL, Performa Berbicara, Motivasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:49 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227582 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Diah Nutqi Alif Frasha.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |