Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Voocaro Pada Siswa Kelas Viii Smpn 10 Malang

Niswah, Ihda Zakiyatin and Dr. Warsiman, S.Pd., M.Pd. (2024) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Voocaro Pada Siswa Kelas Viii Smpn 10 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media pembelajaran berfungsi untuk membantu dan memudahkan guru dalam menyalurkan materi, baik bersifat akademik maupun non akademik pada Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMPN 10 Malang. Yang melalui pembelajaran teks pidato dengan bantuan Media Voocaro, metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK), Sumber data pada penelitian ini didapatkan dari Siswa-Siswi Kelas VIII SMPN 10 Malang yang berjumlah 31 Siswa, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa Tes, Angket, dan Observasi secara langsung serta pengamatan melalui Audio yang sudah dikirimkan terhadap aktivitas proses pembelajaran dengan fokus pengamatan terhadap keterampilan berbicara siswa. dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara teks pidato melalui media Voocaro dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara teks pidato, oleh karena itu, disarankan bagi para guru atau peneliti selanjutnya yang mengalami permasalahan pembelajaran berbicara teks pidato dapat menggunakan penunjang dengan bantuan media Voocaro. Hasil yang diperoleh dari keterampilan berbicara melalui media Voocaro ini mengalami adanya peningkatan. Dan dalam pengimplementasia keterampilan berbicara melalui media Voocaro ini juga menerapkan 6 fase yang meliputi tingkah laku, penyajian informasi, mendorong dan melatih siswa, memeriksa dan memberikan umpan balik, keenam fase tersebut diterapkan saat pembelajaran keterampilan berbicara melalui media Voocaro berlangsung. Dengan hasil pada siklus I terdapat 4 siswa atau 11% memperoleh nilai sesuai ketentuan KKM, sedangkan siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM sebanyak 27 siswa atau 89%. Dan pada Siklus II 28 Siswa mendapatkan nilai sesuai standart KKM yakni 90% siswa. Sedangkan siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM sebanyak 3 siswa atau 10%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara menggunakn media Voocaro dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SMPN 10 Malang dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam materi pidato.

English Abstract

Learning media functions to help and make it easier for teachers to distribute material, both academic and non-academic, to students. The aim of this research is to improve the speaking skills of class VIII students at SMPN 10 Malang. Through learning speech texts with the help of Voocaro Media, the research method used is Class Action Research (PTK). The data source in this research was obtained from Class VIII students at SMPN 10 Malang, totaling 31 students. The data collection technique in this research was a test, Questionnaires, and direct observations as well as observations via audio that have been sent on learning process activities with a focus on observing students' speaking skills. From these results it can be concluded that learning speech text speaking skills through Voocaro media can improve students' abilities in speaking speech texts, therefore, it is recommended that teachers or future researchers who experience problems learning to speak speech texts can use support with the help of Voocaro media. The results obtained from speaking skills through Voocaro media have increased. And in implementing speaking skills through Voocaro media, 6 phases are also implemented which include behavior, presenting information, encouraging and training students, checking and providing feedback. These six phases are implemented when learning speaking skills through Voocaro media takes place. With the results in cycle I, there were 4 students or 11% who got grades according to the KKM provisions, while 27 students or 89% got grades below the KKM. And in Cycle II 28 students got scores according to the KKM standard, namely 90% of students. Meanwhile, 3 students or 10% got scores below the KKM. From these results it can be concluded that speaking skills using Voocaro media can improve students' speaking skills at SMPN 10 Malang in learning Indonesian, especially in speech materia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Teks Pidato, Media Voocaro-Speaking Skills, Speech Text, Voocaro Media.
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:48
Last Modified: 24 Oct 2024 07:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227532
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ihda Zakiyatin Niswah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item