Hikmah, Fatimah Nur and Wahyu Diny Sujannah, S.Pd., M.Pd (2024) Pengaruh Blogging Menggunakan Quora Terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa EFL. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Meskipun pentingnya penggunaan Quora sebagai platform blogging dalam kegiatan kelas telah diakui, penggunaannya di kalangan guru masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti potensi efek penggunaan Quora dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa English as a Foreign Language (EFL). Dengan menggunakan metode pra-eksperimental, partisipannya terdiri dari tiga puluh siswa sekolah menengah kejuruan yang mengambil jurusan Perhotelan. Temuan menunjukkan peningkatan signifikan dalam skor membaca dan menulis siswa, memberikan bukti empiris bahwa mengintegrasikan Quora ke dalam pengajaran dapat memberikan pendekatan praktis dan efektif untuk mengajar dan meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa EFL. Temuan ini menyoroti potensi signifikan Quora sebagai platform digital inovatif untuk pembelajaran Bahasa Inggris, menunjukkan perannya yang menjanjikan dalam mengembangkan keterampilan bahasa, terutama membaca dan menulis. Oleh karena itu, disarankan agar guru Bahasa Inggris mendorong siswa untuk menjelajahi diskusi bahasa dan sastra Inggris melalui Quora karena ini dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa dengan memaparkan mereka pada beragam perspektif dan wawasan berharga. Selain itu, penelitian di masa depan dapat mengeksplorasi berbagai platform blogging selain Quora untuk membantu guru menemukan platform yang paling sesuai untuk pembelajaran bahasa.
English Abstract
The improvement of literacy is a critical component of the educational field. The implementation of Quora as a blogging platform in educational settings remains limited, despite the acknowledged advantages it provides. To improve the reading and writing skills of English as a Foreign Language (EFL) learners, the purpose of this research was to investigate the potential advantages of integrating Quora into instructional approaches. This study examined the potential effects of a particular learning strategy on a group of thirty vocational high school students majoring in the field of hospitality, using a pre-experimental design. By incorporating Quora into instruction, it may be possible to teach and improve the reading and writing skills of EFL learners practically and effectively, as supported by the study's findings, which demonstrated significant improvements in student performance. The findings of this study highlight the significant potential of Quora in academic settings, specifically in increasing the adoption of innovative digital platforms for language learning and facilitating the improvement of language skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Uncontrolled Keywords: | Blogging, Quora, EFL, kemampuan membaca, kemampuan menulis- Blogging, Quora, EFL, reading skills, writing skills |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:48 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227525 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fatimah Nur Hikmah.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |