Post-Pandemic English Language Learning: Students’ Strategies and Challenges

Fahrurrizka, Farhana and Hamamah, M.Pd., Ph.D., (2024) Post-Pandemic English Language Learning: Students’ Strategies and Challenges. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Metode pembelajaran selama pandemi COVID-19 dilakukan secara daring, yang kemudian beralih ke pembelajaran luring di era pasca pandemi. Pandemi dan peralihan metode pembelajaran ini menimbulkan tantangan seperti masalah psikologis; kurangnya materi pembelajaran, pemahaman, infrastruktur, dan upaya kolaboratif; serta rasa kebersamaan yang melemah. Sehubungan dengan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki strategi dan tantangan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa di era pasca pandemi. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan kuesioner dan wawancara. Peneliti menggunakan SILL (Strategy Inventory for Language Learning) oleh Oxford (1990) versi 7.0 (ESL/EFL) untuk menentukan strategi pembelajaran, dan kuesioner dari Fissol dan Ahmad (2018) untuk menyelidiki tantangan dari faktor kepribadian dan linguistik. Peneliti mendistribusikan kuesioner kepada mahasiswa Sastra Inggris angkatan 2020 melalui Google Form, kemudian ditindaklanjuti dengan wawancara terstruktur. Terdapat 96 partisipan yang mengisi kuesioner dan 18 partisipan wawancara (3 partisipan dari masing-masing strategi pembelajaran bahasa). Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan strategi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan mengatasi tantangan. Mereka memiliki strategi utama mereka sendiri dalam belajar bahasa Inggris. Strategi pembelajaran bahasa yang umum digunakan oleh para siswa adalah Strategi Metakognitif. Strategi Metakognitif digunakan untuk mengatur proses belajar secara keseluruhan. Strategi ini cukup bermanfaat dan berdampak pada pendekatan kognitif serta implementasinya. Namun, setiap peserta juga menggunakan strategi lain untuk belajar selain strategi utama mereka. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa siswa mengalami tantangan dalam belajar bahasa Inggris di era pasca pandemi, baik dari faktor kepribadian maupun linguistik, dengan tantangan tertinggi adalah sikap mereka terhadap bahasa. Para siswa menunjukkan bahwa tanpa dedikasi dan dorongan, kemampuan bahasa tidak akan berkembang. Kesimpulannya, para siswa menggunakan berbagai strategi dalam belajar bahasa Inggris untuk mengatasi tantangan tersebut karena mereka menyadari pentingnya memiliki kemampuan bahasa Inggris. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar para siswa dapat meningkatkan keefektifan mereka dalam belajar bahasa Inggris dengan memvariasikan dan menggunakan strategi yang tepat untuk mengatasi tantangan yang ada. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti berharap agar penelitian selanjutnya dapat melihat lebih dalam mengenai strategi yang digunakan oleh mahasiswa dan mendiskusikan tantangan dari aspek lain yang dialami oleh mahasiswa dari berbagai angkatan, serta melakukan wawancara mendalam (wawancara semi-terstruktur atau tidak terstruktur).

English Abstract

The learning method during pandemic COVID-19 was through online, which then switched to offline learning in the post-pandemic era. The pandemic and transition of learning methods presented challenges such as psychological issues; lack of learning materials, understanding, infrastructure, and collaborative effort; also a weakened sense of community. In relation to that, the purpose of this research is to investigate students' strategies and challenges in language learning in the post-pandemic era. This research employed mixed methods with questionnaires and interviews. The researcher employed SILL (Strategy Inventory for Language Learning) by Oxford (1990) version 7.0 (ESL/EFL) to determine the students’ learning strategies, and questionnaire proposed by Fissol and Ahmad (2018) to investigate the challenges in language learning from personality and linguistic factors. The researcher distributed the questionnaires to English literature students batch 2020 through Google Form, which was then followed up with a structured interview. There were 96 participants who completed the questionnaire and 18 participants of the interview (3 participants from each language learning strategy). The findings of this current research showed that the students use language learning strategies to improve their English skills and to overcome the challenges. They have their own major strategy in learning English. The common language learning strategy that the students use is Metacognitive Strategy. The Metacognitive Strategy is used to regulate the learning process as a whole. This strategy is quite beneficial and has an impact on a cognitive approach as well as its implementation. However, each participant is also using other strategies to learn besides their own major strategy. Besides, this current research found that students are experiencing challenges in learning English in the post-pandemic era, both from personality and linguistic factors, with the highest challenge is their attitudes toward the language. Students demonstrated that without dedication and encouragement, language abilities would not develop. In conclusion, the students use various strategies in learning English to overcome the challenges because they realized the importance of having English skills. Therefore, the researcher suggests that students would be able to improve their effectiveness in learning English by varying and using the proper strategies to overcome the challenges. As for further research, the researcher hopes that the further research will look over into strategies that are being used by the students and discuss the challenges from other aspects that the students experience from various batches then conduct in depth interviews (semi-structured or unstructured interviews).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: post-pandemic, language learning strategies, challenges
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Oct 2024 08:14
Last Modified: 25 Oct 2024 08:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227508
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farhana Fahrurrizka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item