Nada, Neela Alfun and Dr. Didik Hartono, M.Pd (2024) Efl Students’ Perceptions On The Use Of Edpuzzle As Learning Media In English. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kemajuan teknologi yang pesat memiliki dampak pada banyak bidang kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Aktivitas mengajar dan belajar dapat menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu platform berbasis web adalah EdPuzzle, aplikasi atau web yang mudah untuk membuat konten video, siswa dapat mengikuti kuis dari video, menambahkan catatan audio dan dapat berbagi video dengan orang lain. EdPuzzle menawarkan berbagai alat untuk melengkapi pengalaman belajar siswa. Alat-alat ini termasuk memotong video, menambahkan suara, kuis, kotak teks, pelaporan, dan berbagi. Meskipun penggunaan teknologi dalam pendidikan semakin meningkat, penelitian tentang penerapan EdPuzzle secara khusus di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi siswa dari SMKN 2 Singosari mengenai penggunaan EdPuzzle. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan desain penelitian campuran dengan pendekatan sekuensial. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara dengan para partisipan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara umum, siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan EdPuzzle sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Mereka mengakui efektivitas dan manfaat yang terkait dengan penggunaannya. Namun, terdapat juga beberapa kesulitan dan keterbatasan yang diidentifikasi. Siswa menekankan pentingnya koneksi internet yang kuat untuk mengakses dan memanfaatkan EdPuzzle secara efektif. Selain itu, beberapa partisipan juga mengungkapkan perhatian terhadap fitur tertentu yang membingungkan atau terbatas oleh ukuran layar kecil saat menggunakan perangkat seluler.
English Abstract
Rapid technological progress has an impact on many areas of human life, including education. Teaching and learning activities can become easier and more enjoyable by utilizing technology. One web-based platform is EdPuzzle, an application or web that is easy to create video content, students can take quizzes from videos, add audio notes and can share videos with others. EdPuzzle offers a variety of tools to complement students' learning experience. These tools include cropping videos, adding sound, quizzes, text boxes, reporting, and sharing. Even though the use of technology in education is increasing, research on the application of EdPuzzle specifically at the Vocational High School level is still limited. Therefore, this research aims to investigate the perceptions of students from SMKN 2 Singosari regarding the use of EdPuzzle. To achieve this goal, a mixed research design with a sequential approach was used. Quantitative data was collected through questionnaires, while qualitative data was collected through interviews with participants. Research findings show that in general, students respond positively to the use of EdPuzzle as an English learning medium. They recognize the effectiveness and benefits associated with its use. However, there are also some difficulties and limitations that can be identified. Students emphasized the importance of a strong internet connection to effectively access and utilize EdPuzzle. Additionally, some participants also expressed concern about certain features being confusing or limited by small screen sizes when using mobile devices.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Uncontrolled Keywords: | EdPuzzle, EFL students, Students’ perception, learning media-EdPuzzle, siswa EFL, persepsi siswa, media pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 03:17 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 03:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227410 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Neela Alfun Nada.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |