Strategi Pelaku Bisnis dalam Mengurangi Ketidakpastian Konsumen pada Marketplace Facebook

Putri, Savyra Diah Reyhana and Nia Ashton Destrity, S.I.Kom., MA. (2024) Strategi Pelaku Bisnis dalam Mengurangi Ketidakpastian Konsumen pada Marketplace Facebook. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam transaksi jual beli online pada marketplace facebook, penjual dan pembeli tidak dapat bertemu secara langsung dan hanya berkomunikasi melalui messenger atau whatsapp. Melalui komunikasi yang tidak langsung dan penyampaian informasi secara virtual, maka muncul ketidakpastian dalam diri konsumen. Ketidakpastian konsumen merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi oleh penjual di pasar online, karena penting bagi seorang penjual untuk meyakinkan konsumennya agar percaya terhadap tawarannya dan memutuskan untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengurangan ketidakpastian konsumen pada platform marketplace facebook dari sudut pandang penjual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi online. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan menggunakan lima responden. Serta, teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan conclusing drawing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsumen mengalami ketidakpastian produk dan ketidakpastian penjual, penjual merasakan ketidakpastian terkait ketidakseriusan pembeli pada proses keputusan pembelian. Temuan menunjukkan bahwa terdapat strategi-strategi yang digunakan, termasuk; aktif mengunggah tawaran, meyakinkan pembeli akan keunggulan yang dimiliki melalui testimoni produk, melakukan survey harga kompetitor sebagai pengetahuan penjual terkait pertimbangan resiko yang dialami pembeli ketika belanja online, memfoto produk sebelum dikirim, serta lebih fleksibel dalam sistem pengiriman dan pembayaran Cash On Delivery (COD) dan Delivery Ongkir (DO)

English Abstract

In online buying and selling transactions on Facebook marketplace, sellers and buyers cannot meet directly and only communicate through Messenger or WhatsApp. Through indirect communication and virtual information delivery, consumer uncertainty arises. Consumer uncertainty is one of the main problems faced by sellers in the online market because it is important for a seller to convince their customers to trust their offers and decide to make a purchase. This study aims to determine consumer uncertainty reduction strategies on the Facebook marketplace platform from the seller's perspective. This research uses descriptive qualitative methods with data collection through in-depth interviews and online observations. Informant selection uses purposive sampling with five respondents. Additionally, data analysis techniques include data condensation, data presentation, and concluding drawing. The results of this study indicate that consumers experience uncertainty about the product and seller, while sellers feel uncertainty regarding the seriousness of buyers in the purchasing decision process. Findings show that there are strategies used, including actively uploading offers, convincing buyers of the product's advantages through product testimonials, conducting competitor price surveys to provide sellers with knowledge regarding the risk considerations experienced by buyers when shopping online, photographing products before shipping, and being more flexible in the Cash On Delivery (COD) and Delivery Ongkir (DO) payment and delivery system

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Ketidakpastian Konsumen, Ketidakpastian Penjual, Marketplace Facebook-Buyer Uncertainty, Seller Uncertainty, Seller Feels Uncertainty, Facebook Marketplace
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 22 Oct 2024 08:05
Last Modified: 22 Oct 2024 08:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227396
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Savyra Diah Reyhana Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item