Students’ Perception And Attitude On ‘Code Hunting’ For Outdoor Grammar Learning

Huda, Raihan Nashrullah and Wahyu Diny Sujannah, S.Pd., M.Pd. (2024) Students’ Perception And Attitude On ‘Code Hunting’ For Outdoor Grammar Learning. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sudah terlalu lama, pelajaran tata bahasa menjadi perhatian di kalangan guru bahasa Inggris dan merupakan proses pembelajaran yang menantang bagi pelajar Bahasa Inggris. Proses pembelajaran tata bahasa yang dilakukan secara konvensional cenderung dianggap membosankan dan rumit oleh siswa karena metode pengajaran yang digunakan oleh mayoritas guru monoton sehingga menyebabkan siswa tidak tertarik. Oleh karena itu, para peneliti pada riset ini mencoba menggunakan strategi pengajaran tata bahasa baru yang disebut ‘Code Hunting’. Penelitian survei ini bertujuan untuk mengetahui perspektif siswa terhadap penggunaan Code Hunting dalam proses pembelajaran tata bahasa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Pesertanya adalah 60 siswa kelas XI di salah satu SMA di Batu, Jawa Timur. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sangat setuju bahwa pembelajaran tata bahasa melalui Code Hunting lebih mudah dipahami, jauh lebih menarik, dan meningkatkan kemauan mereka untuk belajar tata bahasa. Penelitian ini menyiratkan bahwa Code Hunting adalah metode yang efektif untuk mengajarkan tata bahasa. Oleh karena itu, disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk menggunakan Code Hunting dan dapat ditawarkan sebagai strategi untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik, khususnya dalam proses pembelajaran tata bahasa. Selain itu, disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk mengeksplorasi lebih banyak perspektif siswa melalui sesi wawancara untuk mengumpulkan informasi lebih mendalam mengenai dampak Code Huntin

English Abstract

For far too long, grammar lesson has been a concern amongst English teachers and a challenging journey for EFL learners. The conventional grammar learning process tended to be considered boring and complicated by students due to the monotonous teaching method used by teachers which leads to the students’ disengagement. Therefore, the researchers tried to employ a new grammar teaching strategy called ‘Code Hunting’. This survey research aimed to investigate the students’ perspectives towards the use of Code Hunting in the grammar learning process. In this research, the researchers used a quantitative method with descriptive quantitative as the research design. The participants were 60 11th-grade students in one of the senior high schools in Batu, East Java. The findings of this research showed that most students strongly agreed that grammar learning through Code Hunting was easier to understand, far more engaging, and increased their willingness to learn grammar. This research implies that Code Hunting is an effective tool to teach grammar. Thus, it is recommended for English teachers to use Code Hunting and could be offered as a strategy to create an interesting learning experience, especially in the grammar learning process. Furthermore, it is suggested for future researchers to explore more of the students’ perspectives using interview session in order to collect more in-depth information on the impact of Code Hunting.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: perspektif; attitude; permainan bahasa; penguasaan tata bahasa; pembelajaran di luar ruangan; Code Hunting.-perspective; attitude; language games; grammar mastery; outdoor learning; Code Hunting
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:18
Last Modified: 22 Oct 2024 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227361
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Raihan Nashrullah Huda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item