Multimodal And Persuasive Analysis In The Video Advertisement ‘Don’t Know? Kasih No!’

Hilmawan, Vitoarniko Robby Ario and Tantri Refa Indhiarti (2024) Multimodal And Persuasive Analysis In The Video Advertisement ‘Don’t Know? Kasih No!’. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian tentang periklanan modern yang berfokus pada video iklan persuasif berjudul “Don't Know? Kasih No!” oleh Solusi BCA, mengkaji elemen multimodal dan efektivitasnya dalam menyampaikan informasi keamanan data pribadi dan pencegahan kejahatan siber. Iklan pada umumnya menggabungkan visual yang statis dan dinamis dengan elemen teks untuk membujuk audiens dengan tujuan menciptakan keterlibatan emosional dan mendorong suatu tindakan. Penelitian ini menyelidiki makna ideasional yang didapatkan dari data verbal menggunakan landasan teori Transitivity Halliday (2004) dan bagaimana komponen visual menyajikan pesan yang dimaksud berdasarkan dengan landasan teori Visual Grammar Kress dan van Leeuwen (2006). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus analisis pada daya persuasif iklan melalui prespektif multimodal. Sumber data yang digunakan adalah iklan video dari kanal YouTube Solusi BCA yang menekankan pada kesadaran keamanan siber dan pentingnya melindungi data pribadi. Sumber data tersebut dipilih karena munculnya sentimen positif di tengah-tengah audiens yang menunjukkan keefektifan video dalam menyampaikan pesan. Namun, terdapat beberapa kesalahan interpretasi audiens yang mucul terhadap pesan yang disampaikan melalui iklan video tersebut. Temuan menunjukkan bahwa iklan tersebut secara efektif menggunakan proses mental untuk melibatkan kognitif audiens serta meningkatkan kesadaran terhadap ancaman phishing. Proses material menggambarkan skenario phishing yang abstrak menjadi lebih mudah dipahami. Selanjutnya, imperatif dan humor meningkatkan keterkaitan dan keteringatan serta meningkatkan dampak persuasif. Secara visual, iklan ini menggunakan proses aksi dan reaksi untuk menggambarkan skenario phishing dan memanfaatkan elemen seperti contact dan social distance untuk melibatkan audiens. Fitur-fitur yang mencolok seperti contrast dan central placement digunakan menonjolkan elemen-elemen utama yang mengarahkan perhatian penonton dan memperkuat pesan yang disampaikan.

English Abstract

The study on contemporary advertising, particularly focused on a persuasive video advertisement titled “Don't Know? Kasih No!” by Solusi BCA, examines the multimodal elements and their effectiveness in conveying messages of personal data security and cybercrime prevention. Advertisements commonly combine static and dynamic visuals with textual elements to influence the audience aiming to create emotional engagement and drive action. This research synergically investigates the ideational meaning constructed through verbal data using Halliday's Transitivity framework (2004) and how visual components serve the intended message according to Kress and van Leeuwen's visual grammar (2006) framework. The research employs qualitative descriptive methods, focusing on the persuasiveness of the advertisement through its multimodal construction. The data source is the video advertisement from Solusi BCA's YouTube channel, emphasizing cybersecurity awareness and the importance of protecting personal data. The data source is chosen since it arouses positive sentiment among the audience, indicating the effectiveness of the video in delivering the message. Meanwhile, there are some audience’s misinterpretations of the message delivered through the video advertisement. Findings indicate that the advertisement effectively uses mental processes to engage the audience's cognition and awareness, promoting attentiveness to phishing threats. Material processes vividly describe phishing scenarios, making abstract concepts more relatable. Commands and humor enhance relatability and memorability, increasing persuasive impact. Visually, the advertisement uses action and reaction processes to depict phishing scenarios, employing elements like contact and social distance to engage viewers. Salient features like contrast and central placement highlight key elements, guiding the viewer's attention and reinforcing the message.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: multimodal, iklan persuasif, transitivity, visual grammar-multimodal, persuasive advertisement, transitivity, visual grammar
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2024 08:38
Last Modified: 21 Oct 2024 08:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227315
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Vitoarniko Robby Ario Hilmawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item