Salsabil, Zahra and Widya Catherine Perdhani, S.Pd., M.Pd. (2024) Students Perception In Learning Vocabulary Through. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mempelajari kosakata melalui media memfasilitasi siswa untuk belajar dengan mudah. Tiktok adalah aplikasi yang digunakan oleh sebagian besar orang di seluruh dunia saat ini. Kosakata adalah salah satu komponen penting dalam bahasa, dan para siswa dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris mereka melalui alat yang menarik ini. Peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui perspektif mereka dalam menggunakan Tiktok dalam pembelajaran kosakata mereka dan bagaimana aplikasi Tiktok dapat membantu mereka dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain sequential explanatory dengan menggunakan kuesioner dan wawancara untuk mengumpulkan data. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas delapan di SMP Shalahuddin Malang. Hasil penelitian menemukan bahwa perspektif siswa dalam menggunakan Tiktok sebagai media pembelajaran bahasa Inggris adalah bahwa siswa memandang Tiktok secara positif sebagai alat untuk pembelajaran kosakata karena Tiktok menyediakan auto-translate untuk caption dan video, add-sound, video pendek, dan lain-lain. Namun, fitur terjemahan otomatis menimbulkan beberapa masalah akurasi. Selain itu, para siswa memiliki sikap positif terhadap penggunaan Tiktok untuk belajar kosakata, terutama kata benda dan kata ker
English Abstract
Learning vocabulary through media facilitates the students to learn easily. Tiktok is an application that is used by most people worldwide now. Vocabulary is one of the essential components of a language, and the students can enhance their English vocabulary through this engaging tool. The researcher conducted this research to find out their perspective on using Tiktok in their vocabulary learning and how can Tiktok application can assist them in learning English vocabulary. This research used mix method with explanatory sequential design by using questionnaires and interviews to collect the data. The subjects in this research were the students in eighth grade at SMP Shalahuddin Malang. The results found out about the students’ perspectives using Tiktok as a media to learn English that students view Tiktok positively as a tool for vocabulary learning since the Tiktok provides auto-translate for captions and videos, add-sound, short videos and so on. However, the auto-translate feature posed some accuracy issues. Moreover, students have a positive attitude toward using Tiktok for their learning vocabulary, particularly nouns and verbs
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Uncontrolled Keywords: | Students perceptions, Tiktok, Vocabular-Persepsi siswa, Tiktok, |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:45 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227302 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zahra Salsabila.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |