Dari Pengikut Gemoy Hingga Anak Abah: Politik Representasi Dalam Pandangan Generasi Z Sebagai Pemilih Pemula Pada Pilpres 2024 Di Kota Batam

Afthanti, Tiffani Revita Eka and Nindyo Budi Kumoro, S.Ant,M.A (2024) Dari Pengikut Gemoy Hingga Anak Abah: Politik Representasi Dalam Pandangan Generasi Z Sebagai Pemilih Pemula Pada Pilpres 2024 Di Kota Batam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemilihan presiden sebagai pesta demokrasi yang digelar setiap lima tahun sekali selalu menjadi fenomena yang menarik untuk diperhatikan. Dalam pilpres 2024, ada tiga kandidat calon presiden yang maju untuk bersaing memperebutkan posisi sebagai orang nomor 1 di Indonesia. Tiga orang kandidat tersebut, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo yang masing-masing diusung oleh partai pendukung yang berbeda. Hal yang menarik dalam pilpres kali ini adalah ketiga kandidat capres tersebut saling bersaing untuk berebut suara dari golongan anak muda, salah satunya generasi Z yang memiliki jumlah suara terbanyak kedua setelah generasi milenial. Uniknya adalah generasi Z sebagai digital native memiliki karakteristik yang sangat berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mereka tidak pernah bisa lepas dari pengaruh teknologi, terutama internet dan media sosial. Karakteristik generasi Z yang berbeda inilah yang kemudian mendasari setiap kandidat capres untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk merepresentasikan citra diri mereka yang dekat dengan anak muda. Mereka menggunakan kampanye model baru dengan gimik-gimik tertentu untuk menarik perhatian generasi Z. Hal inilah yang kemudian ditangkap dan dipersepsikan oleh generasi Z melalui perspektif mereka. Penelitian ini dilakukan di Kota Batam dengan menggunakan metode etnografi, melalui observasi dan wawancara pada lima orang generasi Z sebagai pemilih pemula. Mereka dipilih berdasarkan latar belakang sosial, budaya, serta ekonomi yang berbeda-beda untuk merepresentasikan generasi Z di Kota Batam yang heterogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun mereka berasal dari latar belakang yang berbeda, namun adanya pengaruh media sosial membuat mereka memiliki perspektif yang berbeda dalam melihat representasi setiap kandidat capres. Melalui perspektif tersebut, mereka memilih kandidat capres yang paling sesuai dan cocok dengan preferensi mereka. Selain itu, perspektif mereka sebagai anak muda Kota Batam juga berpengaruh terhadap preferensi politiknya.

English Abstract

The presidential election which held every five years, is always an interesting democratic event to observe. In the 2024 presidential election, three candidates are competing for the position of the number 1 person in Indonesia. These three candidates are Anies Baswedan, Prabowo Subianto, and Ganjar Pranowo, each supported by different political parties. What makes this election particularly interesting is that all three candidates are vying for the votes of the younger generation, particularly Generation Z, which has the second-largest number of votes after the millennial generation. Uniquely, Generation Z, as digital natives, has characteristics vastly different from previous generations. They are inextricably linked to technology, especially the internet and social media. The distinct characteristics of Generation Z have prompted each presidential candidate to utilize social media as a platform to represent their image in a way that appeals to young people. They employ new campaign models with specific gimmicks to attract the attention of Generation Z. This approach is then perceived and interpreted by Generation Z through their perspective. This study was conducted in Batam using ethnographic methods, involving observation and interviews with five Generation Z individuals who are first-time voters. They were selected based on their diverse social, cultural, and economic backgrounds to represent the heterogeneous Generation Z population in Batam. The results show that despite their different backgrounds, the influence of social media has led them to have varying perspectives on each presidential candidate's representation. Through these perspectives, they choose the presidential candidate who aligns best with their preferences. Additionally, their perspectives as young people in Batam also influence their political preferences

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: Generasi Z, Politik Representasi, Perilaku Memilih, Pilpres 2024-Generation Z, Politics Representation, Voting Behavior, 2024 Presidential Election
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:37
Last Modified: 21 Oct 2024 02:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227289
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tiffani Revita Eka Afthanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item