Ayuni, Natania Maria and Fitria Avicenna, S.Ikom., M.Sc. (2024) Pengaruh Konten Soft Selling Pada Akun TikTok @tenuedeattire Terhadap Brand Awareness Tenue de Attire. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari konten yang dibuat menggunakan pendekatan soft selling terhadap brand awareness dengan teori Stimulus-Organisme-Respons (SOR) sebagai landasan teori. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan uji regresi linear sederhana dengan jumlah sampel sebanyak 385 responden yang merupakan penonton dari konten “Sorry Bukan Tipe Gw” pada akun TikTok @tenuedeattire. Keseluruhan data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa soft selling mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap brand awareness. Didapatkan bahwa indikator implicit menjadi indikator soft selling yang dominan dalam penelitian yang berarti penonton lebih menikmati konten yang tidak memiliki unsur pemasaran secara langsung.
English Abstract
The purpose of this research is to determine whether there is an influence of content created using a soft selling approach on brand awareness with the StimulusOrganism-Response (SOR) theory as the theoretical basis. This study utilizes a quantitative approach and simple linear regression analysis with a sample size of 385 respondents who are viewers of the content "Sorry Bukan Tipe Gw" on the TikTok account @tenuedeattire. All data for this research were collected by distributing online questionnaires via Google Form. The results of this research indicate that soft selling has a significant and positive influence on brand awareness. It was found that the implicit indicator became the dominant indicator of soft selling, meaning that audiences enjoy content that does not have direct marketing elements.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Viral Marketing, Soft Selling, Brand Awareness.Marketing Communication, Viral Marketing, Soft Selling, Brand Aware |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 07:05 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 07:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227251 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Natania Maria Ayuni.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |