Pendekatan Dialogis Public Relations melalui Media Sosial oleh Public Relations Pemerintah Kota Bandung (Analisis Isi Twitter @humasbandung_ dan@ppidkotabandung Tahun 2021)

Bulqiesh, Gadis and Prof. Rachmat Kriyantono, S.Sos, M.Si, Ph.D. (2024) Pendekatan Dialogis Public Relations melalui Media Sosial oleh Public Relations Pemerintah Kota Bandung (Analisis Isi Twitter @humasbandung_ dan@ppidkotabandung Tahun 2021). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam Public Relations pemerintah, dialog dipertimbangkan sebagai cara paling etis dalam praktik Public Relations. Maka dari itu, dialog seharusnya mendapatkan tempat utama dalam melakukan komunikasi dengan publik. Akan tetapi, potensi media sosial untuk terlibat dalam dialog sebagian besar belum dimanfaatkan secara maksimal. Media sosial meyediakan saluran komunikasi dua arah sehingga Public Relations, khususnya pemerintah dapat membangun hubungan dialogis dengan para pemangku kepentingan atau publiknya. Penelitian ini hanya berfokus pada sisi formal dialog dan bukan pada isinya. Karena penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk komunikasi dialogis Public Relations pemerintah di media sosial, khususnya Twitter dengan mengetahui karakteristik dialog antara Public Relations pemerintah dengan masyarakat atau stakeholder melalui tweets didalam akun-akun Twitter resmi kementerian/pemerintah. Dalam rangka untuk melihat ada atau tidaknya komunikasi dialogis, dua media sosial Twitter kementerian komunikasi dan informatika akan dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi. Media sosial Twitter di lingkungan Kementerian Dinas Kominfo Kota Bandung, yakni @humasbandung dan @ppidkotabandung dengan periode waktu yang diteliti 26- 30 April 2022 dalam hal ini menjadi sampel pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua media sosial Twitter Kementerian Kominfo tidak termasuk kedalam kelompok dialogis. Dengan demikian, media sosial tidak digunakan sebagai sarana untuk membangun hubungan dialogis antara organisasi dengan publik atau stakeholdernya.

English Abstract

This study focuses solely on The formal aspects of dialogue raTher than its content. The aim of this research is to depict The form of dialogic communication in Goverment Public Relations on social media, specifically Twitter, by identifying The characteristics of dialogue between Goverment Public Relations and The Public or stakeholders through tweets from official Goverment Twitter accounts. To determine The presence or absence of dialogic communication, two Twitter accounts from The Ministry of Communication and Informatics will be analyzed using content analysis. The Twitter accounts from The Communication and Information Office of Bandung City, namely @humasbandung and @ppidkotabandung, were selected as samples for this study, with The analysis period spanning from April 26 to April 30, 2022. The findings reveal that both Twitter accounts do not fall within The dialogic category. Consequently, social media is not utilized as a medium to build dialogic Relationships between The organization and its Public or stakeholders.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Komunikasi dialogis, media sosial, analisis isi, Public Relations, Public Relations pemerintah, Twitter-Dialogic communication, social media, content analysis, Public Relations, Goverment Public Relations, Twitter
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 17 Oct 2024 08:19
Last Modified: 17 Oct 2024 08:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227129
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gadis Bulqiesh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item