Pengaruh Interaksi Jarak Jauh Anak dan Orang Tua terhadap Motivasi Pengerjaan Skripsi (Analisa Statistikal Pada Mahasiswa Semester Akhir Sosiologi FISIP UB Angkatan 2020)

Sipahutar, Evnika and Dr. Mondry, SP., M.Sos (2024) Pengaruh Interaksi Jarak Jauh Anak dan Orang Tua terhadap Motivasi Pengerjaan Skripsi (Analisa Statistikal Pada Mahasiswa Semester Akhir Sosiologi FISIP UB Angkatan 2020). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh interaksi jarak jauh antara anak dan orang tua dalam proses pengerjaan skripsi. Tentunya dalam perkuliahan, mahasiswa akan dihadapkan dalam masa pngerjaan skripsi, dimana ada kalanya mahasiswa mengalami kendala meliputi sulitnya membagi waktu untuk mengerjakan skripsi, minimnya dukungan untuk mengerjakan skripsi oleh orang tua baik karena jarak jauh ataupun lainnya, sulitnya menemui dosen pembimbing, sulitnya mencari dan menemukan referensi data skripsi, serta minimnya saran dan prasarana. Peran orang tua pada kondisi jarak jauh ini menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada proses perngerjaan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat analisis regresi untuk mengukur besar pengaruh interaksi anak dan orang tua terhadap motivasi pengerjaan skripsi pada kondisi jarak jauh. Melalui teori Gillin dan Gillin, interaksi sosial terbagi menjadi dua indikator yakni kontak sosial dan komunikasi sosial. Terdapat 111 sampel dari total populasi mahasiswa Sosiologi angkatan 2020, sebanyak 60 responden memiliki hubungan kedekatan paling dominan orang tua, yaitu ayah dan ibu sebesar 54,05%. Serta indikator paling dominan dari variabel independen (Interaksi Sosial) adalah kontak sosial sebesar 215. Berdasarkan pengolahan data, ditemukan hasil bahwa interaksi anak dan orang tua memiliki pengaruh terhadap motivasi pengerjaan skripsi, dengan nilai signifikansi adjusted R square sebesar 0,152 atau 15,2%. Dengan nilai t-statistic yang diperoleh dari thitung (4,554) > ttabel (1,658), signifikansi 0,000 < 0,05. Meskipun demikian, diperlukan penelitian lanjutan untuk mengukur pengaruh yang lebih signiifikan terhadap pembetukan motivasi pengerjaan skripsi mahasiswa.

English Abstract

This research examines the influence of long-distance interactions between children and parents in the process of writing a thesis. Of course, during lectures, students will be faced with the period of working on their thesis, where there are times when students experience problems including difficulty dividing time to work on their thesis, lack of support for working on their thesis by parents either due to long distance or otherwise, difficulty meeting supervisors, difficulty finding and finding thesis data references, as well as the lack of advice and infrastructure. The role of parents in long distance conditions is one of the factors that influences the thesis work process. This research uses quantitative methods with regression analysis tools to measure the influence of child and parent interactions on motivation for writing a thesis in long distance conditions. Through Gillin and Gillin's theory, social interaction is divided into two indicators, namely social contact and social communication. There were 111 samples from the total population of Sociology students class of 2020, as many as 60 respondents had the most dominant close relationship with parents, namely father and mother at 54.05%. And the most dominant indicator of the independent variable (Social Interaction) is social contact at 215. Based on data processing, it was found that the interaction between children and parents had an influence on motivation for writing a thesis, with a significance value of adjusted R square of 0.152 or 15.2%. With the t-statistic value obtained from tcount (4.554) > ttable (1.658), the significance is 0.000 < 0.05. However, further research is needed to measure a more significant influence on the formation of motivation for students' thesis work.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Teori Interaksi Sosial Gillin dan Gillin, Pengaruh Interaksi Jarak Jauh, Motivasi-Gillin and Gillin's Social Interaction Theory, Influence of Long Distance Interaction, Motivation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 Oct 2024 08:25
Last Modified: 17 Oct 2024 08:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227032
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Evnika Sipahutar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item