Efektivitas Social Media Marketing, Word of Mouth, dan Trend Fashion dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen

Deeng, Joshua Ravelo and Irfan Kharisma Putra, S.AB., M. AB (2023) Efektivitas Social Media Marketing, Word of Mouth, dan Trend Fashion dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Social media marketing dan word of mouth merupakan dua dari banyaknya metode pemasaran yang ada. Social media marketing memanfaatkan media sosial sebagai alat dari pemasarannya, sedangkan word of mouth memanfaatkan pengalaman memuaskan dari konsumen yang sudah pernah membeli barang maupun jasa dari suatu tempat bisnis. Kemudian ada trend fashion, yang merupakan tren berpakaian yang baru, up to date, dan mengikuti perkembangan zaman. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan efektivitas social media marketing, word of mouth, dan trend fashion dalam meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini ditujukan oleh penulis untuk meneliti sebuah thrift shop yang berlokasi di kota Malang, yang bernama Jono Menjual. Jono Menjual sendiri memiliki 3 toko offline yang berlokasi di Cengger Ayam, Sudimoro, dan Merjosari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif. Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa social media marketing dan word of mouth berpengaruh penting pada keberlangsungan bisnis dari Thrift Shop Jono Menjual. Metode tersebut terbukti efektif dalam meningatkan minat beli konsumen pada Thrift Shop Jono Menjual, sedangkan trend fashion tidak terlalu berpengaruh karena trend fashion lebih merujuk kepada kenyamanan dari masing masing orang yang menggunakan pakaian tersebut.

English Abstract

Social media marketing and word of mouth are two of the many marketing methods that exist. Social media marketing utilizes social media as a marketing tool, while word of mouth utilizes the satisfying experiences of consumers who have purchased goods or services from a place of business. Then there are fashion trends, which are clothing trends that are new, up to date, and follow the times. The aim of this research is to determine and explain the effectiveness of social media marketing, word of mouth, and fashion trends in increasing consumer buying interest. This research was aimed by the author at researching a thrift shop located in the city of Malang, called Jono Menjual. Jono Menjual itself has 3 offline stores located in Cengger Ayam, Sudimoro, and Merjosari. This type of research is descriptive using qualitative data collection techniques. From the research results, it was found that social media marketing and word of mouth had an important influence on the business continuity of Thrift Shop Jono Menjual. This method has proven to be effective in increasing consumer buying interest at the Jono Sell Thrift Shop, while fashion trends are not very influential because fashion trends refer more to the comfort of each person who wears the clothes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Word of Mouth, dan Trend Fashion
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 23 Oct 2024 01:30
Last Modified: 23 Oct 2024 01:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226990
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Joshua Ravelo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item