Motif Ekspansi Bisnis Internasional PT Semen Indonesia Group melalui Kerja Sama Strategis dengan Taiheiyo Cement Corporation Jepang

Husnunnisa, Emira and Reza Triarda, S.Sos., M.A. (2024) Motif Ekspansi Bisnis Internasional PT Semen Indonesia Group melalui Kerja Sama Strategis dengan Taiheiyo Cement Corporation Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis motif ekspansi bisnis internasional yang dilakukan oleh salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yakni PT Semen Indonesia Group (SIG) melalui kerja sama strategis dengan perusahaan dari Jepang yakni Taiheiyo Cement Corporation (TCC). SIG merupakan BUMN multinasional pertama di Indonesia yang sudah melakukan berbagai pola ekspansi bisnis internasional. Pada tahun 2020, salah satu upaya SIG selaku Emerging Market Multinational Enterprise (EM MNE) dalam mengejar ketertinggalan yakni dengan menggandeng Multinational Enterprise dari Jepang. Penelitian ini disusun secara deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif dan dianalisis melalui pengumpulan data yang relevan. Adapun untuk menjawab rumusan masalah dari penelitian ini menggunakan teori Springboard Perspective milik Yadong Luo dan Rosalie L Tung. Teori Springboard Perspective mencakup variabel Asset Seeking dan variabel Opportunity Seeking Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa SIG memiliki motif Asset Seeking melalui perolehan investasi riset dan teknologi pabrik semen Tuban anak perusahaan SIG yakni Solusi Bangun Indonesia (SBI) yang didapatkan saat bekerjasama dengan TCC. Selain itu, SIG memiliki motif Opportunity Seeking yakni perolehan pasar baru di Amerika Serikat, Filipina, dan, Australia.

English Abstract

This research is conducted to analyze the motives of international business expansion carried out by one of Indonesia's State-Owned Enterprises (SOEs), PT Semen Indonesia Group (SIG) through strategic cooperation with Taiheiyo Cement Corporation (TCC) from Japan. SIG is the first multinational SOE in Indonesia that has carried out various patterns of international business expansion. In 2020, one of SIG's strategies as an Emerging Market Multinational Enterprise (EM MNE) to catch up is by cooperating with Multinational Enterprises from Japan. This research is compiled descriptively using qualitative research methods and analyzed through the collection of relevant data. As for answering the problem formulation of this research using Yadong Luo and Rosalie L Tung's Springboard Perspective theory. Springboard Perspective theory includes Asset Seeking motive variables and Opportunity Seeking motive variables. Based on the research results, it is known that SIG has an Asset Seeking motive through the acquisition of research and technology investment in the Tuban cement plant of SIG's subsidiary, Solusi Bangun Indonesia (SBI), which was obtained in collaboration with TCC. In addition, SIG has an Opportunity Seeking motive is opportunity to export to new markets in the United States, Philippines, and Australia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Motif Ekspansi Bisnis Internasional, Kerja Sama Strategis, Badan Usaha Milik Negara, Perusahaan Negara Berkembang.International Business Expansion Motives, Strategic Alliance, StateOwned Enterprises, Emerging Market Multinational Enterprise
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:33
Last Modified: 15 Oct 2024 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226989
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Emira Husnunnisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item