Ramadani, Denisa Mutiara and Dr. Bambang Dwi Prasetyo, S.Sos., M.Si. (2024) Pengaruh Pesan Kampanye #BilangAjaGak di YouTube akan Tindak Kejahatan Social Engineering. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Banyaknya kasus serangan social engineering dan rendahnya tingkat keamanan digital di Indonesia menegaskan perlunya upaya mitigasi untuk mengurangi korban penipuan. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah melalui aktivitas kampanye. PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ikut serta dalam usaha ini dengan mengedukasi nasabahnya melalui kampanye #BilangAjaGak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pesan kampanye #BilangAjaGak di YouTube terhadap kesadaran Nasabah BRI akan tindak kejahatan social engineering. Dengan menggunakan teori Stimulus-Organisme-Respons (S-O-R), penelitian ini menyoroti bagaimana stimulus seperti pesan kampanye dapat mempengaruhi organisme sehingga memunculkan respons berupa pembentukan kesadaran. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei dengan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Data diperoleh dari 270 responden dengan teknik nonprobability sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa pesan kampanye #BilangAjaGak memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 46.4% terhadap pembentukan kesadaran Nasabah BRI akan tindak kejahatan social engineering. Sementara itu, sebanyak 53.6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
English Abstract
The increasing number of social engineering attacks and the low level of digital security in Indonesia emphasize the need for mitigation efforts to reduce fraud victims. The prevention that can be taken is through campaign activities. PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) participates in this effort by educating its customers through the #BilangAjaGak campaign. This study aims to determine the influence of #BilangAjaGak campaign messages on YouTube on BRI customers' awareness of social engineering crimes. Using the Stimulus-Organism-Response (S-O-R) theory, this research highlights how stimuli such as campaign messages can influence organisms to produce responses in the form of awareness. The research uses a quantitative approach through a survey method with a questionnaire as a data collection technique. Data were obtained from 270 respondents using nonprobability sampling techniques. The results of the analysis show that the #BilangAjaGak campaign message has a positive and significant influence of 46.4% on the formation of BRI customers' awareness of social engineering crimes. Meanwhile, 53.6% is influenced by other factors
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Uncontrolled Keywords: | Pesan Kampanye, Kampanye, Kesadaran, YouTube, Social Engineering, Teori S-O-R-Campaign Message, Campaign, Awareness, YouTube, Social Engineering, S-O-R Theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 03:41 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 03:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226965 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Denisa Mutiara Ramadhani.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |