judul Perancangan Campaign Media Sosial Untuk Media Promosi Podcast “Curhat Hrd”

Putri, Tania Iswanda Wahyu and Citra Dewi Megawati, S.Sn., M.T (2024) judul Perancangan Campaign Media Sosial Untuk Media Promosi Podcast “Curhat Hrd”. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era digitalisasi, media sosial telah menjadi platform utama untuk berbagai aktivitas periklanan dan pemasaran. Podcast, sebagai salah satu bentuk konten audio yang semakin populer, juga memanfaatkan media sosial untuk promosi. "Curhat HRD" adalah podcast yang membahas berbagai topik terkait manajemen sumber daya manusia (SDM) dari sudut pandang praktisi HR. Namun, Curhat HRD hanya menggunakan Instagram sebagai media utama untuk promosi, dan kurangnya persiapan dalam promosi di Instagram menghambat engagement. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan proses perancangan yang meliputi tiga tahap: pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Wawancara menunjukkan bahwa perancangan kampanye yang efektif dapat berperan penting dalam membangun citra merek yang positif. Dengan menampilkan Curhat HRD sebagai platform yang informatif dan menghibur, kampanye ini dapat membangun loyalitas pelanggan. Kampanye "Mas-mas HRD" sebagai media promosi podcast Curhat HRD berhasil meningkatkan jangkauan, engagement, performa, dan pengikut baru di media sosial. Kampanye ini diharapkan dapat menjadi landasan dalam merancang kampanye promosi di masa depan, menggunakan sketsa drama ringan untuk mempromosikan konten.

English Abstract

In the era of digitalization, social media has become a primary platform for advertising and marketing activities. Podcasts, a popular form of audio content, also utilize social media for promotion. "Curhat HRD" is a podcast that discusses various human resources (HR) management topics from an HR practitioner's perspective. However, Curhat HRD primarily uses Instagram for promotion, and inadequate preparation for Instagram promotion has hindered engagement. This study employs a qualitative research method and a three-stage design process: pre-production, production, and post-production. Interviews revealed that an effective campaign design can play a crucial role in building a positive brand image. By presenting Curhat HRD as an informative and entertaining platform, the campaign can foster customer loyalty. The "Mas-mas HRD" campaign, as a promotional media for the Curhat HRD podcast, has successfully increased reach, engagement, performance rates, and new followers on social media. This campaign is expected to serve as a foundation for designing future promotional campaigns, using light-hearted drama sketches to promote content.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Promosi, Podcast, HRD, Kampanye, Engagement, Media Sosial-Promotion, Podcast, HR, Campaign, Engagement, Social Media
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 09 Oct 2024 07:00
Last Modified: 09 Oct 2024 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226640
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tania Iswanda Wahyu Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item