Analisis Strategi Public Relations dalam Membangun Citra Positif Melalui Akun TikTok @univ.brawijaya”

Aisyah, Siti and Eka Agustiningtias, S.AB.,M.AB (2024) Analisis Strategi Public Relations dalam Membangun Citra Positif Melalui Akun TikTok @univ.brawijaya”. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas strategi Humas Universitas Brawijaya (UB) dalam membangun citra positif melalui media sosial TikTok. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, khususnya smartphone yang mendukung berbagai aplikasi dan fitur canggih, penggunaan media internet sebagai sarana komunikasi semakin meningkat. Hal ini membuka peluang bagi institusi pendidikan seperti UB untuk memanfaatkan platform media sosial guna menarik perhatian publik dan membangun hubungan yang harmonis dengan stakeholder. Dengan menggunakan akun TikTok @univbrawijaya, Humas UB berupaya untuk menciptakan citra yang baik dengan memproduksi konten yang informatif dan menarik bagi mahasiswa serta masyarakat umum. Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa strategi konten yang diterapkan oleh Humas UB cukup efektif dalam menarik perhatian publik, meskipun masih terdapat hambatan dari segi sumber daya manusia (SDM). Pengelolaan konten dilakukan oleh tim humas yang masih menghadapi tantangan dalam mencapai target yang diinginkan. Meskipun demikian, peningkatan jenis dan konsep konten di akun TikTok UB berhasil menarik lebih banyak pengikut, mencapai 18.8 ribu pengikut. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi dalam strategi komunikasi dan keterlibatan aktif mahasiswa untuk mendukung tujuan Humas UB dalam membangun citra positif Universitas Brawijaya.

English Abstract

This final project discusses the Public Relations strategy of Universitas Brawijaya (UB) in building a positive image through TikTok social media. In the midst of rapid technological development, especially smartphones that support various sophisticated applications and features, the use of internet media as a means of communication is increasing. This opens up opportunities for educational institutions such as UB to utilise social media platforms to attract public attention and build harmonious relationships with stakeholders. By using the @univbrawijaya TikTok account, UB Public Relations seeks to create a good image by producing informative and interesting content for students and the general public. The type of research conducted by the author uses descriptive qualitative research with data collection techniques carried out by the author, namely observation, interviews and documentation. Based on the results of the research, it was found that the content strategy implemented by UB Public Relations is quite effective in attracting public attention, although there are still obstacles in terms of human resources (HR). Content management is carried out by a team of student interns who still face challenges in achieving the desired target. Nevertheless, the increase in the type and concept of content on the TikTok UB account has succeeded in attracting more followers, reaching 18.8 thousand followers. The conclusion of this study confirms the importance of innovation in communication strategies and active involvement of students to support UB Public Relations' goal of building a positive image of the Brawijaya University.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: TikTok, Informasi, Media Sosial, Strategi Public Relation.-TikTok, Information, Social Media, Public Relations Strategy.
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 09 Oct 2024 07:00
Last Modified: 09 Oct 2024 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226635
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Siti Aisyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item