Aisyah, Rania (2024) Pengembangan Instagram @Bclean_Id Sebagai Pemasaran Jasa Bcle. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Media visual Instagram juga memiliki dampak yang sangat besar pada perilaku pembelian konsumen karena memberikan wadah bagi konsumen untuk membuat hubungan visual dengan produk atau jasa sebelum mereka membeli. Salah satu usaha di bidang jasa layanan kebersihan yaitu BClean memanfaatkan instagram sebagai social media marketing. Instagram @bclean_id mempunyai jumlah follower 17 dan jumlah postingan sebanyak 22 hingga Mei 2024. Rancangan promosi yang dilakukan untuk @bclean_id yaitu pembuatan postingan pada akun instagram selama 2 minggu mulai 6 Mei sampai dengan 17 Mei 2024. Target dari rancangan promosi adalah ada penambahan pengikut ± 75 followers baru. Ada penambahan like ± 15 like untuk setiap postingan yang dibuat. Komentar untuk setiap reels dan postingan ± 2 komentar untuk setiap postingan yang dibuat dan penggunaan hastag #jasabersihrumah, #jasabersihrumahmalang,#jasabersihbersihrumah#jasabersihkost#jasacle aningservicemalang, #jasabersih-bersih dengan target penggunaan ± 2 kali. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan akun instagram @bclean_id yang direncanakan penambahan follower kurang lebih 75 ternyata melebihi jumlah tersebut yaitu total 278. Penambahan jumlah follower ini dari video reels yang diunggah pada 8 Mei 2024 mendapatkan respon yang baik dengan total pemutaran di angka 4,7 juta yang artinya telah menjangkau 4,7 juta akun instagram. Jumlah komentar yang direncanakan ada penambahan sebanyak 2 komentar setiap postingan, pada postingan reels yang sama pada tanggal 8 Mei tersebut terdapat 666 komentar dan reels pada tanggal 15,16 dan 17 Mei masing-masing terdapat 1 komentar. Jumlah like yang awalnya direncanakan ada penambahan sebanyak kurang lebih 15 like pada setiap postingan reels tanggal 8 Mei like mencapai 285.684. Pencapaian ini membuat reels selanjutnya yang diupload ke instagram @bclean_id mengalami penambahan terus hingga 39 like pada postingan di tanggal 16 dan 17 Mei. Setelah reels yang diunggah tanggal 8 Mei banyak dm yang masuk untuk menanyakan tentang jasa bersih-bersih BClean. Untuk hastag menargetkan 2 kali penggunaan namun belum mencapai target. Hal ini disebabkan “#” yang digunakan menunjukkan untuk akun usaha yaitu #jasabersihbersih#.
English Abstract
Visual media on Instagram also has a significant impact on consumer purchasing behavior as it provides a platform for consumers to make a visual connection with a product or service before they buy. One business in the cleaning service industry, BClean, leverages Instagram for social media marketing. The Instagram account @bclean_id had 17 followers and 22 posts as of May 2024. The promotional plan for @bclean_id involved creating posts on the Instagram account for two weeks from May 6 to May 17, 2024. The target of this promotional plan was to gain approximately 75 new followers, increase likes by about 15 for each post, and receive around 2 comments for each post and reel. The hashtags #jasabersihrumah, #jasabersihrumahmalang, #jasabersihbersihrumah, #jasabersihkost, #jasacleaningservicemalang, and #jasabersih-bersih were targeted to be used approximately 2 times. Research results showed that the development of the Instagram account @bclean_id surpassed the planned follower increase of about 75, reaching a total of 278 followers. This increase was primarily driven by a reel posted on May 8, 2024, which received a positive response with a total of 4.7 million views, meaning it reached 4.7 million Instagram accounts. The planned increase in comments of about 2 per post was exceeded, with the same reel on May 8 receiving 666 comments, and the reels on May 15, 16, and 17 each receiving 1 comment. The planned increase in likes of approximately 15 per post was also surpassed, with the reel on May 8 receiving 285,684 likes. This success led to continued increases, with subsequent reels posted on May 16 and 17 receiving 39 likes each. Following the reel posted on May 8, many direct messages were received inquiring about BClean's cleaning services. However, the hashtag usage target of 2 times was not met, as the hashtags used indicated a business account, specifically #jasabersihbersih#.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | Follower, Instagram, Like, Komentar, Postingan, Reels-Followers, Instagram, Likes, Comments, Posts, Reels |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 06:52 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 06:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226587 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rania Aisyah.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |