Perancangan Ulang Identitas Visual Kripik Tempe Moro Joyo untuk Meningkatkan Daya Saing Produk”

Lestari, Harjanti Dwi and Asril Kurniadi, ST., MT. (2024) Perancangan Ulang Identitas Visual Kripik Tempe Moro Joyo untuk Meningkatkan Daya Saing Produk”. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kripik Tempe Moro Joyo merupakan salah satu UMKM yang ada di Kota Malang. Kripik tempe Moro Joyo memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kompetitor sejenis lainnya, diantaranya yaitu memiliki kualitas produk yang bagus, menggunakan kedelai pilihan, menggunakan bahan baku premium. Perancangan ulang identitas visual Kripik Tempe Moro Joyo dianggap perlu guna meningkatkan daya saing sebuah produk di pasar yang semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang identitas visual Kripik Tempe Moro Joyo guna meningkatkan daya saing produk. Responden pada penelitian ini berjumlah 55 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods, yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu adanya perancangan ulang identitas visual Kripik Tempe Moro Joyo untuk meningkatkan daya saing produk. Secara efektif, daya tarik visual produk ditingkatkan melalui desain ulang logo dan kemasan. Produk ini menjadi lebih mudah dikenali dan lebih menarik berkat penggunaan font menarik serta penggunaan warna yang cerah. Logo baru memberikan identitas yang lebih kuat dan konsisten yang mencerminkan kualitas produk yang alami dan tradisional, tetapi tetap modern dan relevan dengan pasar saat ini

English Abstract

Moro Joyo Tempe Chips is one of the MSMEs in Malang City. Moro Joyo tempe chips have several advantages compared to other similar competitors, including having good product quality, using selected soybeans, and using premium raw materials. Redesigning the visual identity of Moro Joyo Tempe Chips is considered necessary to increase the competitiveness of a product in an increasingly competitive market. This research aims to redesign the visual identity of Moro Joyo Tempe Chips in order to increase product competitiveness. Respondents in this study totaled 55 people. The method used in this research is mixed methods, which combines qualitative and quantitative approaches through observation, interviews, questionnaires and literature study. The research results show that there is a need to redesign the visual identity of Moro Joyo Tempe Chips to increase product competitiveness. Effectively, the visual appeal of the product is enhanced through logo and packaging redesign. This product becomes easier to recognize and more attractive thanks to the use of attractive fonts and the use of bright colors. The new logo provides a stronger and more consistent identity that reflects the natural and traditional qualities of the product, but remains modern and relevant to today's market.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170378
Uncontrolled Keywords: Identitas visual, Perancangan Ulang, Kripik Tempe Moro Joyo, Daya Saing- Visual Identity, Rebranding, Kripik Tempe Moro Joyo, Competitiveness
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:49
Last Modified: 09 Oct 2024 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226565
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Harjanti Dwi Lestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item