Rasyadi, Ghulaman Thariq and M. Arief Nazaruddin, S.Sn., M.Ds. (2024) PERANCANGAN GAME VISUAL NOVEL SEBAGAI MEDIA EDUKASI PADA ORANG ANTISOSIAL USIA DEWASA MUDA (18 – 24 TAHUN) DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam menjalani aktivitas kehidupan. Hubungan antar manusia yang dikenal dengan sebutan hubungan sosial, terdapat pengaruh dan pertalian kebatinan yang terjadi dengan sendirinya, menjadikan unsur sine qua non (yang harus ada) bagi masyarakat. Masyarakat tidak hanya terdiri dari beberapa orang atau kelompok saja, di antara mereka juga harus ada rasa kebersamaan, kekeluargaan, atau hubungan timbal balik antara satu dengan yang lainnya. Setiap individu harus sadar bahwa ada individu lain yang berada di sekitarnya. Dilakukannya sebuah penelitan dengan merancang sebuah aplikasi game visual novel sebagai media edukasi terhadap orang antisosial. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, mengumpulkan data melalui studi litelatur, studi komparasi, wawancara dan observasi. Hasil dari penelitan ini berupa sebuah aplikasi game visual novel “Epik Kombek” dilengkapi dengan media pendukung. Pada orang usia dewasa muda (18 – 24 tahun) sering terlihat perilaku pengabaian hubungan dalam jangka panjang, pelanggaran hak – hak terhadap orang lain, sikap menghina, mencakup pelanggaran hukum manipulasi, kebohongan untuk kepentingan pribadi (fitnah), dan bersifat agresif sering terlihat. Dengan dibuatnya aplikasi game visual novel “Epik Kombek” ditujukan untuk mengetahui pentingnya menghargai individu lain disekitarnya, terhadap dampak tindakan yang dilakukan
English Abstract
umans are social creatures who need others to carry out life activities. Relationships between people, known as social relations, have spiritual influences and relationships that occur by themselves, making the element of sine qua non (which must exist) for society. Society does not only consist of several people or groups, between them there must also be a sense of togetherness, kinship, or reciprocal relationships between one another. Each individual must be aware that there are other individuals who are around him. A study was conducted by designing a visual novel game application as a medium of education for antisocial people. This research method uses qualitative methods, collecting data through liturgical studies, comparative studies, interviews, and observations. The result of this research is in the form of a visual novel game application "Epik Kombek" equipped with supporting media. In young adults (18–24 years) often seen behavior of relationship abandonment in the long term, violation of rights against others, insulting attitude, including violations of manipulation laws, lies for personal gain (slander), and aggressiveness are often seen. With the creation of the visual novel game application "Epik Kombek" aimed at knowing the importance of respecting other individuals around him and the impact of actions taken
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170376 |
Uncontrolled Keywords: | orang antiosial, orang usia dewasa muda, aplikasi game visual novel- antisocial people, young adult, game visual novel application |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 06:49 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 06:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226562 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ghulaman Thariq Rasyadi.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |