Perancangan Komunikasi Visual Album Lagu “Time Traveller”

Herawati, Dwi Ayu and Dimas Fakhruddin, S.ST., M.Ds. (2024) Perancangan Komunikasi Visual Album Lagu “Time Traveller”. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam 2 tahun belakangan ini banyak dinamika yang mewarnai perjalanan industri musik tanah air terutama di tahun 2023. Berbeda dengan 3-5 tahun lalu. di tahun 2023 industri musik jauh lebih berkembang. Festival musik banyak digelar dengan penonton yang jauh lebih banyak. Nadine makalew adalah salah satu Musisi Indonesia yang sedang mengembangkan proyek musik solo dan merilis lagu berjudul ‘The Other Side’ album yang menjadi single pertama dalam album perdananya ‘Time Traveller’. Album ‘Time traveller’ menceritakan betapa dinamikanya kehidupan merantau dimana ia harus belajar untuk hidup independen, memahami budaya mereka, bahasa hingga aspek-aspek hal lain yang mempengaruhi kepribadian seorang Nadine. Salah satu aspek yang amat sangat penting namun belum dimiliki pada solo album Time traveller adalah aspek komunikasi visual. Aspek komunikasi visual cukup berperan penting dalam proses promosi album melalui media konvensional maupun digital, aspek visual yang dimaksut meliputi sampul album, poster, merchandise, dan streaming digital. Untuk menjawab permasalahan pada peneltian ini, pertama-tama dilakukan pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, studi kepustakaan, dan studi komparasi. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan SWOT. Output dari analisa SWOT tersebut akan digunakan sebagai input dalam Perancangan komunikasi visual untuk album lagu "Time Traveller" oleh Nadine Makalew serta pengembangan merchandise sebagai penunjang media promosi. Fokus utama perancangan ini adalah menciptakan identitas visual yang kohesif dan menarik yang dapat memperkuat pesan dan nuansa dari lagu tersebut. Perancangan komunikasi visual melibatkan beberapa langkah strategis, mulai dari konsep, keywords, moodboard, pemilihan palet warna, dan yang mencerminkan tema dan emosi lagu "Time Traveller". Selain itu, akan dirancang artwork setiap lagu yang sesuai untuk menciptakan kesan yang mendalam dan memikat bagi para pendengar. Selain album, pengembangan merchandise seperti kaos, poster, sticker atau juga akanvi menjadi fokus. Merchandise ini tidak hanya sebagai tambahan pendapat, tetapi juga sebagai sarana untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran merek Nadine Makalew di kalangan penggemar dan audiens potensial. Pendekatan ini bertujuan untuk memanfaatkan media promosi offline dan online secara efektif. Kampanye promosi akan mengintegrasikan gambar visual dari album dan merchandise, disertai dengan penggunaan strategi digital seperti media sosial, website, dan platform streaming musik untuk meningkatkan visibilitas karya Nadine Makalew. Dengan demikian, perancangan komunikasi visual ini diharapkan dapat menghasilkan hasil yang signifikan dalam mempromosikan album "Time Traveller" dan merchandise terkait, memperkuat posisi Nadine Makalew dalam industri musik, serta meningkatkan interaksi dan keterlibatan dengan audiensnya.

English Abstract

For the last 2 years, many dynamics have colored the journey of the Indonesian music industry, especially in 2023. It is different from 3-5 years ago. in 2023 the music industry will be much more developed. Many music festivals are held with much larger audiences. Nadine Makalew is an Indonesian musician who is currently developing a solo music project and released a song entitled 'The Other Side' album which is the first single on her first album 'Time Traveller'. The album 'Time traveler' tells the dynamics of life abroad where she has to learn to live independently, understand their culture, language and other aspects that influence Nadine's personality. One aspect that is very important but is not yet available on the Time Traveler solo album is the visual communication aspect. The visual communication aspect plays an important role in the album promotion process through conventional and digital media, the visual aspect in question includes album covers, posters, merchandise and digital streaming. To answer the problems in this research, data was first collected through field observations, interviews, literature studies and comparative studies. The data that has been collected is then analyzed using SWOT. The output from the SWOT analysis will be used as input in designing visual communication for the song album "Time Traveler" by Nadine Makalew as well as developing merchandise to support promotional media. The main focus of this design is to create a cohesive and attractive visual identity that can strengthen the message and feel of the song. Visual communication design involves several strategic steps, starting from concept, keywords, moodboard, color palette selection, and reflecting the theme and emotion of the song "Time Traveler". Apart from that, appropriate artwork for each song will be designed to create a deep and captivating impression for listeners. Apart from albums, the development of merchandise such as tshirts, posters, stickers or will also be a focus. This merchandise is not only an additional source of income, but also a means of expanding the reach and increasing awareness of the Nadine Makalew brand among fans and potential audiences. This approach aims to utilize offline and online promotional media effectively. The promotional campaign will integrate visual images from the album and merchandise, accompanied by the use ofviii digital strategies such as social media, websites and music streaming platforms to increase the visibility of Nadine Makalew's work. Thus, it is hoped that this visual communication design will produce significant results in promoting the album "Time Traveler" and related merchandise, strengthening Nadine Makalew's position in the music industry, as well as increasing interaction and engagement with her audience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170370
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Komunikasi Visual, Album Time traveller, Nadine Makalew, Merchandise, Media Promosi.-Design, Visual Communication, Time Traveler Album, Nadine Makalew, Merchandise, Promotional Media.
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:48
Last Modified: 09 Oct 2024 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226546
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DWI AYU HERAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item