PENERAPAN PENGGUNAAN TAGLINE DALAM SOCIAL MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI BENTUK COMPANY BRANDING JATIM TIMES NETWORK MALANG

Wicaksono, Brianathan and Nur Ambulani, SE.,M.Si (2024) PENERAPAN PENGGUNAAN TAGLINE DALAM SOCIAL MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI BENTUK COMPANY BRANDING JATIM TIMES NETWORK MALANG. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia memiliki jumlah pengguna internet yang cukup banyak, tercatat pada tahun 2022 ada sekitar 204,7 juta orang menggunakan internet di Indonesia. Hal ini memiliki pengaruh terhadap bisnis terutapa bisnis di bidang media. Penyebar luasan informasi yang semakin mudah memicu muncul banyaknya portal berita online dan tiap brand portal berita harus memikirkan bagaimana caranya pembaca mereka membedakan antara portal berita mereka dengan portal berita yang lainnya. Jatim Times Network, salah satu perusahaan media yang berfokus pada penyebaran berita melalui portal berita online seperti website dan juga sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana proses penerapan penggunaan tagline milik Jatim Times Network sebagai bentuk company branding mereka. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan teknik observasi langsung terhadap kegiatan pokok pelaksanaan, dan dokumentasi keseluruhan kegiatan yang dilaksanakan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Jatim Times Network telah menerapkan penggunaan tagline dengan baik pada sosial media meka. Penggunaan tagline tersebut juga memberikan dampak positif terhadap performa sosial media instagram dari Jatim Times Network, tetapi satu hal yang perlu diperhatikan lagi adalah perlu adanya key performance indicator yang spesifik untuk bisa mengukur secara akurat seberapa jauh company branding dari Jatim Times Network berkembang.

English Abstract

Indonesia has a significant number of internet users, with around 204.7 million people using the internet in 2022. This has had a significant impact on businesses, particularly in the media industry. The ease of disseminating information has led to the proliferation of online news portals, and each news portal brand must consider how to differentiate itself from the competition. Jatim Times Network is one such media company that focuses on disseminating news through online news portals, including websites and social media. This study aims to evaluate the implementation process of Jatim Times Network's tagline as a form of company branding. The research method employed in this study is a direct observation technique of the core implementation activities and documentation of all activities carried out. The results of this study show that Jatim Times Network has implemented the use of a tagline effectively on its social media platforms. The use of this tagline has also had a positive impact on the performance of Jatim Times Network's Instagram social media account. However, one thing that needs further attention is the need for specific key performance indicators to accurately measure the extent to which Jatim Times Network's company branding is developing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170363
Uncontrolled Keywords: Strategi, Company Branding, Sosial Media, Tagline-Strategy, Company Branding, Social Media, Tagline
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:45
Last Modified: 09 Oct 2024 06:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226526
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item